Sukses

Konsumsi 5 Minuman Ini agar Berat Badan Turun dan Tidur Nyenyak

Ada lima minuman yang wajib Anda coba di malam hari yang tak hanya bisa membuat tidur lebih nyenyak tapi juga menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Kurang tidur memang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan, kadar hormon yang menurun, dan masalah gula darah juga insulin. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup waktu, Anda harus berhati-hati dengan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kafein dapat mengganggu waktu tidur Anda, begitupun dengan terlalu banyak makan gula sebelum tidur.

Ada lima minuman yang wajib Anda coba di malam hari yang tak hanya bisa membuat tidur lebih nyenyak tapi juga menurunkan berat badan seperti dilansir Prevention, Jumat (14/10/2016).

1. Susu
Segelas susu hangat ataupun dingin dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ini karena dosis yang sehat dari triptofan dan kalsium. Bagi wanita yang senang olahraga, protein kasein dari susu lambat untuk dicerna sehingga bisa membantu Anda membangun otot sepanjang malam. Hasilnya, metabolisme bisa lebih cepat dan mudah menurunkan berat badan.

2. Jus Anggur
Meski tidak direkomendasikan untuk Anda mengonsumsi jus di malam hari, tapi segelas kecil jus anggur murni sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mampu membakar lemak. Penelitian Cell Reports menunjukkan bahwa sekresi insulin di malam hari yang disebabkan oleh konsumsi karbohidrat, mengatur ritme sirkadian tubuh.

International Journal of Obesity pada 2015 menemukan bahwa resveratrol, antioksidan pada anggur, mengubah kalori yang berasal dari simpanan lemak putih menjadi lemak cokelat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teh Chamomile

3. Teh Chamomile
Secangkir teh panas sebelum tidur bisa meningkatkan kadar glisin dalam tubuh Anda. Glisin adalah sebuah neurotransmitter yang bisa menenangkan saraf Anda dan bertindak sebagai obat penenang yang ringan.

Chamomile bisa menaikkan suhu tubuh Anda sehingga sistem tubuh merespon untuk mendinginkan diri sendiri saat Anda tidur. Chamomile juga berkaitan dengan peningkatan kontrol glukosa dan penurunan berat badan. Cukup pastikan Anda minum teh bebas kafein sebelum tidur.

4. Kefir
Kefir ini menyerupai yoghurt karena sama-sama terbuat dari susu fermentasi dan kaya probiotik. Kefir juga berfungsi seperti yoghurt yang bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus, menyehatkan pencernaan dan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang lebih efektif. Ini bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Protein kacang kedelai
Kedelai, baik dalam bentuk susu atau bubuk protein yang mengandung asam amino triptofan bisa bertindak sebagai pembuka untuk memicu melatonin, hormon pengantar tidur. Triptofan pada kedelai juga bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang membantu mengurangi lemak perut.

Untuk manfaat yang terbaik, campurkan Greek yoghurt dalam minuman protein Anda. Ini bisa memasok otot Anda dengan protein kasein untuk segera pulih setelah olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini