Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Cara Mengembalikan Hasrat Seks Setelah Melahirkan

Memiliki seorang bayi terutama anak pertama seringkali membuat seorang wanita kerepotan menyesuaikan kondisi baru.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang bayi terutama anak pertama seringkali membuat seorang wanita kerepotan menyesuaikan kondisi baru. Tak jarang, ini membuat Anda sedikit melupakan sang suami apalagi aktivitas di ranjang.

Rupanya, kondisi ini tak hanya dialami wanita, para pria pun juga merasakan hal yang berbeda ketika berbicara tentang seks setelah memiliki bayi.

Menurut sebuah survei terbaru oleh perusahaan Inggris, Kegel8, setelah memiliki bayi, 44 persen wanita merasa gugup saat berhubungan seks pertama kali dengan suami dan 20 persen pria mengalami kesulitan memulai seks.

Jadi, apakah Anda melahirkan bayi pertama atau kedua, cari tahu mengapa Anda dan suami berjuang meraih gairah seksual lagi dan bagaimana cara mengatasinya seperti dilansir Fox News, Kamis (13/10/2016).

Mengapa seks tak lagi sama setelah memiliki bayi?

Enam bulan setelah melahirkan, Anda mungkin sudah diperbolehkan untuk melakukan seks bersama suami. Namun, saat Anda mencoba melakukannya lagi untuk pertama kali, mungkin Anda merasa tidak nyaman, menyakitkan atau sedikit canggung.

Selama persalinan, air mata dan semua peregangan dapat mengubah dasar panggul yang bisa menyebabkan rasa sakit dan masalah kontrol kandung kemih, termasuk saat bercinta.

Jika Anda menyusui, tubuh Anda memiliki tingkat prolaktin yang tinggi, yang bisa menurunkan libido dan merendahkan kadar estrogen. Ini bisa menyebabkan kekeringan pada vagina, seks yang menyakitkan dan respon seksual yang menurun.

Untuk ibu-ibu dari bayi yang baru dilahirkan, menurunkan hasrat seksual disebabkan juga oleh tidur larut malam dan terjaga di malam hari yang membuat kewalahan sehingga memungkinkan Anda untuk mengabaikan seks.

Bahkan, hanya 41 persen wanita mencoba untuk melakukan hubungan seks setelah enam minggu melahirkan. Selain itu, berat badan berlebih, stretchmarks, kulit longgar dan payudara yang mengeluarkan AsI, membuat Anda tidak percaya diri atau seksi. Ini bisa mempengaruhi suami Anda juga.

Meskipun para ahli mengatakan, menyaksikan proses melahirkan secara langsung tidak akan mengubah pandangannya tentang seks, tapi ini bisa membuatnya cemas terlebih jika bercinta membuat Anda sakit atau tidak nyaman.

Sementara menunggu waktu untuk menjadikan seks kenikmatan yang luar biasa, Anda bisa melakukan hal berikut untuk membantu membangkitkan gairah bercinta dengan suami.

1. Hubungi dokter

Setelah enam bulan Anda berhenti menyusui dan mengalami rasa sakit atau tidak nyaman saat bercinta, hubungi dokter Anda. Mungkin, dokter akan mengesampingkan kondisi medis dan membantu dengan memberi resep terapi fisik dasar panggul jika diperlukan.

2. Gunakan pelumas

Pelumas berbasis silikon lebih licin dan lebih tahan lama membantu Anda tetap basah. Ini tentu membantu Anda yang mengalami kekeringan vagina setelah melahirkan.

3. Atur jadwal

Cobalah mengatur jadwal bercinta Anda dengan pasangan. Setelah melahirkan, Anda dan pasangan jarang bercinta secara spontan atau di waktu-waktu yang mendadak. Atur jadwal bercinta Anda setidaknya sekali dalam seminggu.

4. Membuat prioritas

Meski Anda tidak sedang mood, sangat penting untuk tidak melupakan seks. Alasannya, mencium, berbicara dan memeluk mungkin terasa cukup bagi Anda namun tidak pasangan Anda. Pria membutuhkan seks untuk merasajkan cinta. Dia mungkin memahami ketidakinginan Anda untuk bercinta. Tapi, jika dia merasa tak dicintai dan tidak terhubung dengan Anda seperti dulu, terkadang bisa menyebabkan pertikaian.

5. Membuat modifikasi

Jangan khawatirkan stretch mark dan kelebihan berat badan Anda, karena pria tidak akan melihat rinci perubahan tubuh Anda. Cobalah memakai pakaian seksi untuk memberi kepercayaan diri atau membuat suasana kamar lebih hangat.

6. Pergi keluar rumah

Cobalah minta ibu Anda untuk menjaga anak semalam atau saat akhir pekan. Ini bisa membuat Anda dan pasangan memiliki waktu berduaan saja tanpa mengurus bayi. Gunakan kesempatan ini untuk bercinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini