Sukses

Obati Infeksi Jamur dengan Pepaya

Ekstrak dan daun dari buah pepaya telah terbukti membasmi dan mencegah infeksi jamur.

Liputan6.com, Jakarta Kulit iritasi dan memerah atau rasa gatal yang diikuti panas pada bagian vagina wanita merupakan beberapa tanda Anda terkena infeksi jamur. Salah satu penyebabnya adalah jamur Candida.

Selain bisa disembuhkan dengan obat-obatan, infeksi jamur juga bisa diatasi dengan menghindari makanan tinggi gula dan karbohidrat. Ganti makanan Anda dengan vitamin, lemak sehat dan probotik.

Melansir laman Prevention, Kamis (13/10/2016), makanan berikut ini terbukti mampu mengatasi jamur Candida. Tapi, cobalah untuk mengunjungi dokter Anda jika gatal tak juga sembuh karena kondisi serupa bisa jadi tanda penyakit lain.

1. Pepaya
Ekstrak dan daun dari buah pepaya telah terbukti membasmi dan mencegah infeksi jamur. Selain itu, kedua bahan dari pepaya ini kaya vitamin C sehingga mampu menangkal infeksi lainnya.

2. Ketumbar
Biji ketumbar merupakan bagian dari tanaman ketumbar yang kaya serat, tembaga, besi, mangan dan magnesium. Minyak dari ketumbar dikenal sebagai pembasmi jamur yang dapat mencegah berbagai bakteri penyebab infeksi jamur pada vagina Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OreganoA

3. Oregano
Minyak esensial oregano adalah obat pelengkap yang terkenal dapat mencegah serta mengatasi infeksi jamur dan bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa oregano dapat efektif memerangi berbagai jenis jamur termasuk Candida albicans, penyebab dari sekitar 90 persen infeksi jamur.

4. Keju
Dalam studi infeksi jamur pada wanita tahun 2013 lalu, sebanyak 207 wanita diberi obat anti jamur, sementara kelompok kedua mendapat obat yang sama namun ditambah probiotik yang ada pada keju. Pada kelompok kedua, hanya 31 persen mengaku tidak mengalami infeksi jamur.

Mengonsumsi keju probiotik mengurangi risiko jumlah ragi hingga 75 persen. Cobalah untuk menggunakan keju fermentasi seperti cheddar, Swiss, parmesan dan Gouda sebagai camilan.

5. Virgin coconut oil
Tidak seperti minyak kelapa lain, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil berasal dari kelapa segar, daging kelapa yang matang dan tidak mengalami proses pemurnian kimia. Sehingga, mampu mempertahankan vitamin, mineral dan antioksidan yang biasanya hilang pada minyak kelapa biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat efektif membasmi jamur Candida albicans. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk menumis sayuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini