Sukses

7 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih

Para dokter sudah mengampayekan untuk minum air putih yang banyak, delapan gelas setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Para dokter sudah mengampanyekan untuk minum air putih yang banyak, delapan gelas setiap hari. Itu sangat penting untuk Anda tetap sehat.

Tubuh manusia terdiri dari 65 persen air. Karena itu, air merupakan salah satu senyawa utama yang diperlukan untuk fungsi normal dari tubuh manusia. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup air, jaringan dan sel-sel dari berbagai organ dalam tubuh bisa mengalami dehidrasi.

Itu menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan. Bahkan, dehidrasi bisa sangat berbahaya, dan menyebabkan kematian seseorang.

Kekurangan cairan akan membuat Anda kelelahan, mulut kering, dan pusing. Berikut ini tanda lainnya Anda kurang cukup minum, dilansir laman Boldsky, Senin (10/10/2016).

1. Bau mulut

Bau mulut mungkin tidak terkait dengan kesehatan mulut Anda sama sekali. Sebenarnya itu adalah salah satu tanda dehidrasi. Menurunkan produksi air liur menyebabkan bau mulut.

2. Kulit kering

Tanda lainnya adalah kulit kering. Jika tubuh Anda tidak cukup air, kulit berubah menjadi kering dan bersisik.

3. Kram otot

Ketika tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, otot-otot dan jaringan mengalami dehidrasi juga sehingga menyebabkan kram.

4. Demam

Ya, demam juga tanda lain yang mengejutkan dari dehidrasi. Sistem kekebalan tubuh Anda dan sel-sel jadi lemah untuk melawan penyakit ketika mereka tidak dapat cukup air.

5. Ingin makanan manis

Jika Anda ketagihan mengonsumsi permen terus-menerus, artinya kadar glukosa darah Anda mungkin rendah. Itu juga merupakan tanda lain Anda kekurangan cairan.

6. Sakit kepala

Bila tidak cukup minum, pasokan darah dari jantung ke otak menurun. Ini akan menyebabkan sakit kepala.

7. Kurang konsentrasi

Kurang konsentrasi, dan sering gelisah, artinya otak Anda tidak menerima cukup oksigen. Untuk itu penting Anda mengisinya dengan minum air sebanyak mungkin pada siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.