Sukses

6 Penyebab Munculnya Bintik Putih di Kuku Kaki

Ada beberapa penyebab bintik putih bisa muncul di kuku kaki Anda.

Liputan6.com, Jakarta Adanya bintik-bintik putih pada kuku merupakan pengalaman umum. Bintik tersebut sering muncul di kutikula yang ditemukan pada dasar kuku. Namun perlahan akan hilang dengan memanjangnya kuku yang tumbuh. Namun, apa ya penyebab munculnya bintik putih tersebut?

Di bawah ini, ada beberapa penyebab bintik putih bisa muncul di kuku kaki Anda, seperti dilansir dari Md-health, Jumat (7/10/2016):

1. Jamur

Jamur merupakan faktor paling umum yang dapat menyebabkan bintik putih di kuku, biasanya bisa berasal dari udara dan tanah. Selain itu, orang yang suka memakai cat kuku sepanjang hari, bisa memunculkan bintik putih akibat kukunya kekurangan oksigen, sehingga mendorong pertumbuhan jamur kuku.

Kaki yang berkeringat juga bisa menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur kuku.

Bintik putih akibat infeksi jamur, biasanya muncul di dekat ujung kuku daripada di dekat kutikula. Jika bintik putih tersebut membesar, bisa mempengaruhi kuku menjadi lebih tipis atau lebih tebal, mengubah warna, serta membuatnya cenderung mudah patah.

2. Memakai sepatu yang ketat dan tertutup

Ini akan membuat kuku tidak mendapatkan sirkulasi udara, sehingga menyebabkan pertumbuhan jamur di kuku dan menyebabkan bintik putih muncul.

3. Faktor gizi

Kekurangan gizi seperti vitamin, mineral, kalsium, dan zinc, dapat menyebabkan munculnya bintik putih di kuku jari tangan dan kaki Anda.

4. Cedera

Apapun yang menyebabkan cedera pada kuku, dapat menyebabkan bintik-bintik putih muncul di kuku selama beberapa hari.

5. Reaksi alergi

Munculnya bintik putih di kuku, bisa jadi tanda reaksi alergi terhadap suatu produk tertentu, seperti cat kuku, cairan penghapus cat kuku, dan nail hardener. Bintik putih akan muncul setelah Anda menggunakan produk-produk tersebut berulang kali dan dalam waktu yang lama.

6. Penyakit

Meskipun sebagian besar penyebab bintik putih di kuku bukan merupakan hal serius, namun beberapa penyakit dapat bermanifestasi pada perubahan kuku, seperti misalnya akibat penyakit jantung tertentu, ginjal, atau hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini