Sukses

Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur

Lima makanan ini dipercaya bisa memperpanjang umur Anda, salah satunya adalah makanan pedas.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki umur panjang dan dalam kondisi sehat merupakan dambaan setiap orang. Meskipun takdir Tuhan memainkan peran tersendiri, namun umur panjang juga bisa dicapai dengan mengonsumsi beberapa makanan.

Lima makanan ini dipercaya bisa memperpanjang hidup Anda karena kandungan di dalamnya mampu mencegah beragam penyakit berbahaya.

1. Kacang

Dua penelitian dari Harvard School of Public Health sama-sama menemukan orang yang konsumsi kacang lebih sering bisa menurunkan risiko mati muda. Pastikan tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Peneliti menyarankan makan satu genggam kacang jenis apapun per hari dan rasakan manfaatnya.

2. Gandum

Roti putih memang sedikit mengandung nutrisi jika dibandingkan dengan roti gandum. Beberapa penelitian telah menghubungkan roti gandum, pasta dan makanan yang dipanggang lainnya dengan umur panjang.

Menurut sebuah studi di JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1 ons biji-bijian seperti gandum yang dimakan, memiliki hubungan dengan risiko kematian 9 persen lebih rendah akibat penyakit jantung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan pedas

3. Makanan pedas

Penelitian menunjukkan, makan makanan yang pedas bisa meningkatkan kesehatan Anda. Sebuah studi terhadap lebih dari 450 ribu pria dan wanita Cina menunjukkan mereka yang makan makanan pedas setiap hari memiliki risiko kematian 14 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak makan makanan pedas.

4. Rumput laut

Dilansir laman Rodale's Organic Life, Senin (3/10/2016), lebih dari 1000 penelitian telah menyimpulkan bahwa makan rumput laut dapat menekan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat pertumbuhan kanker.

5. Ikan

Ikan memang baik untuk kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid dapat melindungi otak dari penyakit saraf. Terlebih lagi, omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon bisa menjaga seluruh tubuh Anda tetap muda.

Studi dari Ohio State University menemukan bahwa suplemen omega-3 secara signifikan mengurangi peradangan, sebuah kondisi yang bisa memicu alergi menjadi kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. Dengan demikian konsumsi ikan kaya omega-3 membantu Anda panjang umur.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.