Sukses

Fungsi Pemberian Aspirin pada Pasien Serangan Jantung

Dianjurkan memberi pasien yang mengalami serangan jantung obat aspirin atau obat pengencer darah. Apa fungsi pemberian aspirin?

Liputan6.com, Jakarta Pasien yang mengalami serangan jantung harus diberi aspirin. Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Dr dr Ismoyo Sanu, mengatakan pemberian aspirin atau tablet pengencer darah merupakan tata laksana pertama yang harus segera dilakukan untuk menolong orang yang mengalami serangan jantung.

"Kemudian juga diberikan pengencer yang lain," kata Ismoyo, ditulis Senin (26/9/2016).

Menurut Ismoyo tata laksana pemberian aspirin atau obat pengencer pada pasien yang mengalami serangan jantung harus dilakukan beberapa jam setelah serangan terjadi.

"Sebab ada cairan sejenis trombolik yang harus diberikan ke pasien serangan jantung tapi hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis," kata Ismoyo menambahkan.

Ismoyo menjelaskan bahwa serangan jantung bisa terjadi akibat telah terjadinya pembekuan darah. Agar pembekuan tak semakin banyak dan untuk mencegah perluasan rasa nyeri, pasien serangan jantung memang harus diberikan aspirin.

"Sehingga aliran darah pasien serangan jantung tersebut lancar kembali," kata Ismoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini