Sukses

Ingin Hamil? Hentikan Semua Kebiasaan Buruk Ini

Tak hanya menjaga kehidupan anak di dalam kandungan selama 9 bulan, wanita hamil juga harus menjaga kesehatannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda berencana untuk hamil? Jika iya, sebaiknya persiapkan diri dan tubuh Anda untuk mengandung buah hati tercinta.

Kehamilan adalah fase sensitif dalam kehidupan seorang wanita, ketika tubuhnya mengalami banyak perubahan baik dari fisik maupun psikis. Tak hanya menjaga kehidupan anak di dalam kandungan selama 9 bulan, wanita hamil juga harus menjaga kesehatannya sendiri.

Karenanya, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya segera dihentikan jika tengah merencanakan kehamilan, seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (16/9/2016):

1. Merokok dan minum alkohol
Ya, kita semua sudah mengetahui bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi paru-paru wanita juga perkembangan paru-paru bayi. Merokok juga menghambat pembuahan. Sedangkan alkohol, dapat menyebabkan keguguran.

2. Minum obat sembarangan
Kebiasaan lain yang juga harus dihindari adalah minum obat sembarangan yang bisa membahayakan kehamilan Anda. Cobalah untuk menghubungi dokter terkait jenis obat yang aman dikonsumsi ketika hamil.

3. Kafein
Sebuah penelitian mengatakan bahwa minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman berenergi dan lainnya dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

4. Makan makanan bergula
Kebiasaan lain yang harus dihentikan adalah mengonsumsi makanan manis. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko diabetes baik pada ibu maupun bayinya.

5. Berolahraga berat
Olahraga berat tidak dianjurkan bagi wanita hamil ataupun yang sedang merencanakan kehamilan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko pembuahan dan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

6. Stres
Ini juga kebiasaan yang harus Anda hindari ketika ingin hamil. Stres bisa menimbulkan banyak masalah jika Anda ingin mencoba hamil.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini