Sukses

6 Resep Mudah Bangun Pagi Tanpa Kopi

Tak perlu kopi. Menyibak jendela untuk merasakan pancaran matahari hingga mengunyah permen karet bisa buat seseorang berenergi di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang merasa minum secangkir kopi bisa membuat lebih segar di pagi hari. Sehingga tak heran, menyeruput secangkir kopi di pagi hari jadi rutinitas harian bagi banyak orang.

Namun, Anda pun bisa bangun dan segar tanpa kopi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengonsumsi kopi. Mulai dari menyibak jendela untuk merasakan pancaran matahari hingga mengunyah permen karet berikut caranya seperti dikutip laman Glamour, Selasa (27/6/2017).

1. Sibak jendela
Membuka jendela di pagi hari dan merasakan sinar matahari meningkatkan kadar serotonin dan terpapar vitamin D bisa memberikan energi seperti diungkapkan psikiater Dion Metzger.

2. Konsumsi makanan tinggi protein
Makanan kaya protein seperti telur dan Greek yoghurt meningkatkan energi seseorang dibandingkan makanan tinggi karbohidrat seperti roti, ungkap pakar nutrisi Rachael Link.

3. Peregangan di atas kasur
Saat bangun, coba secara perlahan lakukan peregangan pada tubuh di atas kasur. Hal ini berfungsi memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh seperti diungkap psikoterapi Terry Matlen.

4. Mengunyah permen karet
Setelah menenggak secangkir air putih, kunyahlah permen karet. Penelitian menunjukkan, mengunyah permen karet dapat menyegarkan tubuh.

5. Mandi air dingin
Segera bangun dari kasur kemudian persiapkan pakaian Anda dan masuk kamar mandi. Awali dengan membasuh wajah dengan air dingin. Menurut psikolog klinis Lauren Costine, air dingin mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang menyebabkan kewaspadaan lebih besar. Minum air dingin juga memiliki efek yang sama.

6. Putar musik favorit
Musik melepaskan hormon dopamin dan serotonin yang membuat seseorang jadi lebih berenergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.