Sukses

Awas, 5 Makanan Ini Bikin Kulit Makin Berminyak

Lima jenis makanan ini akan membuat kulit semakin berminyak

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu memang memiliki tipe kulit yang berbeda. Ada yang cenderung kering, berminyak, atau kombinasi seperti ada beberapa bagian yang kering dan berminyak.

Umumnya kulit berminyak memang rentan akan jerawat, terlebih kebiasaan merawat kulit dan penggunaan makeup pada wanita sangat mempengaruhi kesehatan kulit manusia.

"Kulit adalah bagian tubuh terbesar yang membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatannya," kata ahli kulit, Dr. Arleen Lamba.

Seperti dikutip laman Bustle, ditulis Selasa (13/9/2016) adapun satu faktor yang sangat mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak dan berjerawat yaitu pola diet khususnya pada jenis makanan berikut ini yang mampu membuat produksi sebum meningkat pesat.

1. Makanan berlemak tak jenuh

Studi menemukan bahwa pengonsumsian makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 rentan akan jerawat. Seperti jenis makanan yang digoreng dengan minyak banyak--kentang goreng dan keripik--memiliki jumlah asam lemak omega-6 yang besar dan mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda.

"Ini tidak mengherankan bahwa lemak dan minyak dalam makanan juga menyebabkan kulit berminyak," kata Dr Lamba.

2. Susu

Konsumsi susu yang tak terkontrol sering dikaitkan dengan peningkatan jerawat dan mampu menyumbat pori-pori yang memicu jerawat. Lambda menyarankan beralih ke produk alternatif seperti susu almond.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alkohol

3. Alkohol

Selain mampu membuat kulit kering, mengonsumsi minuman atau makanan beralkohol akan membuat kulit rentan dengan jerawat.

Hasil gambar untuk alcohol

"Ketika Anda mengonsumsi alkohol, indeks panas tubuh akan naik, yang membuat tubuh lebih hangat namun berkeringat lebih," kata Lamba.

Saat tubuh berkeringat akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan jerawat. Lamba menyarankan untuk selalu mencuci wajah usai mengonsumsi minuman beralkohol untuk menghindari kerugian tersebut.

3 dari 3 halaman

Gula

4. Karbohidrat olahan

Makanan seperti roti, nasi putih, dan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya akan meningkatkan produksi minyak meningkat dan menghasilkan jerawat pada wajah.

5. Gula

Selain mempengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi gula berlebih mampu merusak kulit.

"Gula tidak hanya meningkatkan lingkar pinggang kita, tetapi juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya kelenjar minyak pada kulit," kata Lamba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.