Sukses

Penyebab Obat Palsu Beredar di Indonesia

Masalah tentang obat palsu yang semakin marak beredar di Indonesia, banyak membuat masyarakat resah.

Liputan6.com, Jakarta Peredaran obat palsu di Indonesia kian mengkhawatirkan. Apalagi, sulit untuk membedakan antara obat asli dan obat palsu. Namun apa penyebab obat-obat palsu ini banyak beredar di negara kita?

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Fiqih, mengatakan, obat palsu yang beredar ini mencuat karena bahan-bahan baku pembuat obat, mudah sekali didapatkan oleh masyarakat. Padahal semua bahan tersebut berbahaya jika disalahgunakan.

“Soalnya di Indonesia bahan baku obat sangat mudah dicapai, kayak bahan-bahan kue. Padahal ini bahan-bahan berbahaya dan bisa membuat masalah kesehatan,” ujarnya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9/2016).

Daeng menuturkan, di Indonesia belum memiliki industri kimia dasar untuk membuat obat. Jadi sebanyak 98 persen bahan baku obat dari luar negeri.

"BPOM harus memperkuat pengawasan produk farmasi yang dimulai dari hulu, yaitu pintu masuk bahan baku dan distribusi. Karena masih banyak distributor-distributor tidak resmi, jadi bahan-bahan atau obat-obat palsu gampang masuk,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini