Sukses

4 Cara Redakan Rasa Pedas di Mulut

Redakan sensasi pedas di mulut dengan mengonsumsi nasi hingga konsumsi segelas susu.

Liputan6.com, Jakarta Usai makan mi goreng dengan puluhan cabai atau pecel lele dengan sambal bawang yang pedas bisa membuat lidah terasa terbakar. Sensasi pedas ini kadang bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam. Minum banyak air tak juga membantu, minum air es teh manis juga masih menyisakan rasa pedas di mulut.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk meredakan pedas di mulut? Berikut cara ampuh redakan sensasi pedas di mulut dari segelas susu hingga makan roti bisa membantu seperti dikutip laman Medical Daily, Sabtu (10/9/2016).

1. Minum segelas susu

Bila ingin meredakan sensasi pedas di mulut, atasi dengan susu tanpa rasa alias tawar. Menurut American Chemical Society, kandungan kasein yakni protein dalam susu membantu memecah ikatan capsaicin di saraf-saraf penerima.

Pada masakan Meksiko dan India seringkali ditambahkan susu untuk mengurangi capsaicin sehingga rasa pedas berkurang.

2. Satu sendok gula

Menyesap satu sendok teh gula bisa membantu menetralisir rasa pedas pada makanan kaya cabai. Selain dengan gula bisa juga dengan madu.

3. Makan cokelat susu

Makan beberapa potong bar cokelat juga bisa meredakan rasa pedas. Kandungan lemak mampu membuat capsaicin lebih mudah larut sehingga mampu meredakan rasa pedas di mulut. Selain itu ada juga kasein yang meringankan rasa pedas.

4. Makan roti atau nasi

Saat mulut panas terbakar akibat makan cabai, segera cari roti. Konsumsi roti mampu meredakan pedasnya capsaicin. Bila tak ada roti, bisa juga nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini