Sukses

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini di Tempat Tidur

Lima hal yang paling umum dilakukan individu di atas tempat ini wajib dihindari sesegera mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Tempat tidur yang berfungsi sebagai tempat beristirahat menjadi satu-satunya tempat ternyaman di dalam rumah. Namun banyak individu yang terbiasa melakukan aktivitas di atas tempat tidur, mulai dari makan hingga bekerja. Padahal kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan.

Seperti dikutip laman Women's Health, Jumat (9/9/2016) lima hal ini kerap dilakukan individu di atas tempat tidur:

1. Menonton hingga tertidur

Beberapa orang terbiasa menonton televisi hingga tertidur lelap. Nyatanya, kebiasaan buruk ini benar-benar harus disingkirkan secepat mungkin. Mengapa?

Seorang sleep specialist, W. Christopher Winter, M.D, mengatakan cahaya televisi merangsang otak juga mempengaruhi sekresi hormon melatonin yang diperlukan untuk mendapatkan tidur sehat sepanjang malam.

Jika hal ini menjadi kebiasaan Anda maka berisiko pada kualitas tidur yang tidak sehat, mengganggu waktu istirahat yang dibutuhkan otak juga menyebabkan tidur menjadi gelisah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buka Instagram

2. Membuka instagram

Membuka akun Instagram atau media sosial lainnya sudah menjadi kebiasaan banyak orang menjelang tidurnya.

Sleep expert dari University of Southern California, Eric Kezirian, M.D., mencatat bahwa gawai mengeluarkan sejumlah cahaya yang mampu mengganggu kesadaran tubuh dan menyulitkan otak untuk beristirahat.

3. Makan camilan

Mungkin camilan menjadi teman setia Anda di malam hari. Sayangnya, menurut Konsultan tiudr, Paul Bello Exterminator mengatakan, remah-remah dari camilan yang jatuh ke tempat tidur menjadi sarang berkumpulnya semut, lalat, bahkan kecoak yang membawa kotoran dan bakteri.

Pakar forensik dari American Museum of Natural History, Louis N. Sorkin, mengatakan, makanan manis seperti soda, jus buah, cupcakes, dan kue bisa menarik semut dan lalat tertentu, termasuk lalat.

3 dari 3 halaman

4. Bekerja

4. Bekerja

Tempat tidur bukan tempat yang tepat untuk bekerja. Seorang productivity coach, Lauren Stack, mengatakan, banyak orang berpikir bekerja di tempat tidur akan membuat mereka lebih produktif. Padahal kebiasaan ini akan memperburuk kualitas tidur dan mengalami insomnia.

5. Tidur dengan hewan peliharaan

Jangan pernah membiarkan hewan peliharaan Anda tidur di atas tempat tidur bersama. Menurut National Sleep Foundation, hewan adalah faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami gangguan tidur. Hewan juga berdampak buruk bagi individu yang memiliki alergi atau asma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.