Sukses

Ini Akibat Kekurangan Vitamin B12

Vitamin sangat penting untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin B12.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin sangat penting untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan anemia berat.

Bukan itu saja, bahkan kurangnya vitamin B12 juga bisa menyebabkan depresi. Untuk menghindarinya penting memasukkan berbagai makanan yang mengandung vitamin B12 dalam diet sehari-hari. Sebagian besar makanan yang tinggi vitamin B12 hilang saat diet biasa.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan yang penuh vitamin B12 hanya berguna untuk mencegah vitamin B12 insufisiensi jika Anda mampu mencernanya. Kebanyakan vitamin B12 malabsorpsi penyebab utama dari kekurangan vitamin B12.

Menurut penelitian terbaru, rendahnya tingkat vitamin B12 menyebabkan depresi pada individu tertentu. Itu karena vitamin B12 bertanggung jawab terhadap metabolisme dan memproduksi bahan kimia yang disebut serotonin.

Kimia ini bertanggung jawab untuk menjaga seseorang bahagia dan mencegah perubahan suasana hati. Menurut peneliti, jika tingkat vitamin B12 sangat rendah dalam tubuh seseorang, dapat menyebabkan kehilangan memori, kecemasan, psikosis, dan demensia.

Vitamin B12 hanya ditemukan dalam produk hewani seperti daging, hati, ikan, telur, dan susu. Namun ada makanan tertentu yang mengandung lebih tinggi dari vitamin B12 daripada yang lain, dilansir laman Boldsky, Rabu (7/9/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini