Sukses

Kondisi Kulit seperti Ini Bisa Jadi Penyakit Serius

Tahukah Anda kalau tubuh kita memberikan tanda-tanda peringatan tertentu tentang penyakit utama yang kita derita?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda kalau tubuh kita memberikan tanda-tanda peringatan tertentu tentang penyakit utama yang kita derita? Ada beberapa gejala muncul pada kulit yang bisa menjadi tanda penyakit menyerang tubuh.

Biasanya, ketika tubuh mengalami kondisi kulit seperti ruam, jerawat, dan lainnya dapat diatasi dengan obat, kemudian melupakan kondisi kulit. Memang kondisi kulit biasanya tidak semuanya serius, tapi jika terus-menerus atau tidak biasa mereka tidak boleh diabaikan. Karena bisa jadi itu tanda-tanda gangguan serius.

Banyak dari kita yang tidak sadar mengikuti gaya hidup yang tidak sehat menempatkan kesehatan pada risiko serius. Diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, paparan polusi, stres, tekanan kerja dan lainnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memiliki berbagai gangguan.

Dalam beberapa kasus gejala gangguan muncul pada kulit dalam gangguan yang umum. Berikut ini beberapa tanda gangguan serius, dilansir laman Boldsky, Selasa (6/9/2016).

1. Eksim

Eksim adalah gangguan kulit yang dapat menjadi gejala depresi atau kecemasan di mana kulit berubah sangat kering, bersisik dan gatal.

2. Psoriasis

Kondisi kulit lainnya yang merupakan tanda dari gangguan yang serius adalah psoriasis yang berarti Anda berada pada risiko penyakit jantung.

3. Rosacea

Rosacea merupakan kondisi kulit di mana seseorang dapat mengalami peradangan dan kemerahan. Gejala ini bisa jadi merupakan penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi penelitian pada sel-sel otak.

4. Vitiligo

Ini merupakan kelainan kulit di mana kulit kehilangan pigmen alami, dan kondisi ini bisa menjadi gejala malafungsi tiroid yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

5. Kanker kulit

Kulit juga bisa menjadi gejala dari jenis kanker serius lainnya seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ginjal. Namun mungkin sulit untuk mendeteksi awalnya.

6. Kulit kering

Kulit kering merupakan kondisi yang dapat menjadi tanda gangguan mental seperti ADHD, di mana seseorang yang terkena menderita hiperaktif kronis dan kurang fokus.

7. Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat yang konstan, maka bisa berarti Anda mungkin menderita gangguan hormon seperti PCOD.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini