Sukses

6 Artis Dunia yang Berjuang Melawan Endometriosis

Endometriosis kerap kali mengakibatkan sakit saat menstruasi, hingga komplikasi kesuburan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar perempuan yang mengalami endometriosis mengalami masalah dengan kehamilan. Sulit hamil atau hamil tapi selalu mengalami keguguran. Tak hanya itu endometriosis kerap kali mengakibatkan sakit saat menstruasi, hingga komplikasi kesuburan.

Dan banyak wanita di luar sana bergulat dengan penyakit ini, termasuk enam artis dunia berikut yang jujur tentang pertempuran mereka melawan penyakit ini, serta menawarkan harapan kepada semua wanita yang juga sedang berjuang.

Bethenny Frankel

"Saya menderita endometriosis dan menjalani operasi laparoskopi di usia tiga puluhan saya untuk meringankan kram tak tertahankan dan perdarahan yang berlebihan," tulis artis The Real Housewives of New York .

"Ini sangat membantu, dan pada akhirnya, hamil. Endometriosis sangat rumit karena jika kita memilikinya akan menantang kita untuk hamil, tetapi justru kehamilan dapat membantu untuk menyembuhkannya. "tambah pencipta The Skinnygirl. Frankel juga berbicara tentang perjuangannya dengan fibroid, menasihati wanita untuk menemukan dokter bisa dipercaya dan jangan takut untuk mengajukan pertanyaan.

Halsey

Banyak wanita yang dengan endometriosis mengatakan bahwa hal itu membuat mereka merasa terisolasi atau sendirian. Dalam postingan emosional di Twitter, penyanyi Halsey mengatakan, "Jika ada yang menderita endometriosis ketahuilah Anda tidak sendirian. Aku tahu bagaimana luar biasa menyakitkan dan bagaimana mengecilkan penyakit ini. Halsey mengungkapkan betapa penyakit ini telah membatasi dan melemahkannya sehingga ia ketinggala sekolah, bekerja dan yang lebih buruk lagi seolah menajdi tahanan dalam tubuhnya sendiri karena endometriosis, “Aku disini untuk Anda! "hiburnya kepada semua wanita.

Tia Mowry-Hardrict

Setelah didiagnosa menderita endometriosis, Tia kawatir tidak bisa punya anak. "Tidak bisa punya anak adalah ketakutan yang luar biasa yang saya rasakan. Itu membuat saya merasa di luar kendali. Aku tahu bahwa aku sangat ingin memiliki anak.”

Beruntung berkat saran ahli gizi untuk merubah gaya hidupnya, seperti kebiasaan makan dan perubahan gaya hidup (tidak ada gula, ada karbohidrat!) Tia pun berhasil hamil. “Aku menjadi sangat sadar kesehatan, berubah diet saya, dan saya pikir perubahan itu membantu hingga akhirnya aku hamil.”ujar aktrisyang sekarang memiliki seorang putra, Cree.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lena Dunham

Lena Dunham
Artis sekaligus sutradara ini pernah dibawa ke UGD akibat endometriosis. "Endometriosis tidak mengancam jiwa," tuisnya. Tapi Lena menyadari meski tak mengancam jiwa namun endometriosis membuatnya sellau meringis kesakitan. “Saya tahu banyak perempuan yang secara konsisten melawan penyakit ini, tapi tetap tersenyum dan menanggungnya ."

Padma Lakshmi

Padma ini bisa dibilang salah satu artis papan atas yang paling kencang menyuarakan tentang pengalamannya dengan endometriosis. Dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly, ia menekankan dengan keras bahwa endometriosis telah berkontribusi sebagai penyebab perceraiannya dengan sanga suami Salman Rushdie 2007 lalu. "Saya pikir, ya, endometriosis menjadi alasan utama pernikahan saya gagal," katanya. " Saya pikir itu juga karena aku menyembunyikannya untuk tingkat tertentu. Tidak sengaja, tapi itu aneh untuk berbicara tentang masa Anda sepanjang waktu. Ini adalah hal yang seksi setidaknya di dunia untuk melakukan. "

Julianne Hough

Dalam percakapan dengan orang, Julianne mengaku sedang takut menjalani operasi setelah didiagnosa endometriosis. "Saya sangat takut," katanya. "Tapi aku punya ambang batas yang sangat kuat untuk sakit, jadi jika itu menyakiti saya, ada sesuatu yang salah." Julianne dijelaskan rasa sakit "seperti pisau yang ditusuk pada saya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini