Sukses

Tips Penuhi Asupan Zat Besi bagi Vegetarian

Vegetarian yang tidak konsumsi makanan hewani tentu akan kesulitan memperkaya zat besi.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi sangat penting bagi tubuh. Zat besi memastikan tubuh tetap aktif bergerak dan mencegah penyakit akibat kekurangan zat besi seperti anemia, mudah lelah, dan pusing.

Hati sapi atau ayam dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh. Selain hati, kacang-kacangan, telur dan daging merah juga dipercaya mengandung banyak zat besi.

Namun, untuk vegetarian yang tidak konsumsi makanan hewani tentu akan kesulitan memperkaya zat besi. Meski ada beberapa jenis sayuran yang juga mengandung zat besi, tubuh Anda tidak dapat menyerap zat besi dalam sayuran semudah yang ada pada produk hewani.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh vegetarian untuk memastikan zat besi dari sayuran terserap sempurna adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.

Seperti dilansir laman Boldsky, Senin (5/9/2016), sayuran berdaun hijau termasuk makanan yang kaya akan vitamin C. Seperti buah-buahan, jus sayuran akan membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi. Tetapi ingat, hindari makanan atau minuman yang mencegah penyerapan zat besi seperti teh dan kopi. 

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.