Sukses

Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Lewat Batas Kedaluwarsa

Ternyata beragam makanan dan minuman ini masih dapat dikonsumsi meskipun melewati tanggal 'best before' di labelnya.

Liputan6.com, Jakarta Pada bungkus makanan dan minuman kemasan, produsen wajib untuk mencantumkan label best before. Label ini sangatlah penting bagi konsumen untuk mereka memahami dan mengetahui berapa lama makanan dapat disimpan hingga aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya label best before, di kemasan makanan juga tercantum baked by dan use by.

Pasalnya label baked by, use by, dan best before menjadi penanda dari produsen makanan untuk menginformasikan tentang batas waktu makanan dalam kemasan atau masih dapat dikonsumsi dan tidak membahayakan untuk kesehatan.

Produk dengan label best before, misalnya, memberikan informasi dari produsen kepada konsumen bawah produk tersebut masih dapat diolah dan dikonsumsi meski tanggal terbaik untuk dikonsumsi telah lewat. Meskipun masih aman untuk dikonsumsi, kualitas dan rasa dari produk dalam kemasan tidak sama dengan konsumsi pada tanggal masa terbaiknya.

Berikut jenis makanan dan minuman yang aman untuk dikonsumsi meskipun tanggal masa olah terbaiknya telah lewat, sebagaimana dikutip dari laman Dailymail, Selasa (6/9/2016):

1. Biji Kopi atau Kopi Bubuk

Meskipun telah melewati tanggal label, biji kopi masih aman untuk dikonsumsi hingga satu bulan setelah tanggal best before. Usai dibuka dari kemasannya, disarankan untuk menyimpan kopi ke dalam wadah tertutup. Tak hanya kopi, selai dan coklat aman untuk dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsa. Simak ragam dan penjelasannya dengan mengeklik tautan berikut ini.

** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

** Sedang populer di kanal Health & Sex Forum Liputan6 : Darah Perawan hingga Daging Kambing, Mitos dan Fakta Seputar Seks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.