Sukses

Hindari 7 Kebiasaan Ini Setelah Makan

Sebaiknya mulai sekarang hindari minum teh setelah makan, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa kebiasaan yang biasanya dilakukan kebanyakan orang setelah makan, seperti makan buah, minum teh atau merokok.

Padahal, bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kesehatan, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari setelah makan. Apa sajakah itu?

1. Merokok
Merokok adalah kebiasaan yang harus dihindari setelah makan. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan juga bisa menyerap karsinogen (zat yang menyebabkan kanker) lainnya oleh tubuh.

2. Mandi
Mandi tepat setelah makan bisa menyebabkan fungsi pencernaan berkurang. Karena mandi dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh sehingga hanya ada darah yang lebih rendah yang tersedia untuk pencernaan.

3. Makan buah
Melansir laman Boldsky, Jumat (2/9/2016), buah-buahan membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna, sehingga mereka tidak akan bisa diserap dengan baik oleh tubuh jika dikonsumsi tepat setelah makan.

4. Minum teh
Kebanyakan orang Indonesia meminum teh setelah makan. Sebaiknya, mulai sekarang hindari minum teh setelah makan karena teh mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi.

5. Duduk terlalu lama
Setelah makan, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah untuk berjalan-jalan sebentar setelah makan.

6. Latihan kekuatan
Salah satu hal yang harus dihindari setelah makan yakni latihan kekuatan karena dapat menyebabkan refleks asam, cegukan, mual dan lainnya.

7. Rebahan
Hindari kebiasaan rebahan atau berbaring tepat setelah makan karena hal ini dapat mengganggu "perjalanan" makanan di pencernaan dan menyebabkan asam lambung naik.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.