Sukses

6 Bukti Cokelat Tidak Hanya Lezat namun juga Baik untuk Kesehatan

Mengkonsumsi cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Ini bukan pertama kalinya cokelat dikaitkan dengan kesehatan tubuh. Biji coklat olahan buah kakao menjadi kudapan favorit setelah diolah dan dicampurkan dalam ragam kue dan minuman coklat panas yang digemari banyak orang.

Kabar baik untuk penggemar makanan dan minuman coklat, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa cokelat mempunyai banyak manfaat lain bagi kesehatan. Tak hanya itu, cokelat juga membantu meningkatkan daya ingat.

Dilansir Deutsche Welle, Jumat (2/9/2016), berikut enam manfaat cokelat untuk kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak penelitian yang mengungkap, bahwa flavonoid yang terkandung dalam cokelat bisa membantu urat darah dan pembuluh nadi menjadi tetap elastis. Peneliti an yang melibatkan 114.000 peserta yang diberikan cokelat hitam beberapa kali dalam seminggu membuktikan, resiko terkena serangan jantung berkurang 37% dan stroke berkurang 29%, jika peserta studi mengkonsumsi cokelat lebih banyak.

2. Memperbaiki Penglihatan

Sekelompok peneliti dari University of Reading di kota Berkshire, Inggris, ingin mengetahui apakah flavanol cokelat hitam bisa memperbaiki penglihatan, karena zat ini diketahui memperbaiki sirkulasi darah. Mereka bereksperimen dengan dua kelompok peserta studi.

Satu kelompok mendapat cokelat putih, kelompok lainnya mendapat cokelat hitam. Hasilnya, dalam tes kemampuan melihat, kelompok yang menyantap cokelat hitam lebih unggul.

3. Lebih Fokus saat Menyelesaikan Soal Hitungan

Profesor David Kennedy dari Northumbria University, Inggris, melakukan studi dengan peserta diberikan 500 mg flavanol dalam minuman cokelat panas. Peserta penelitian yang mendapat asupan flavanol meningkat stimulasi dalam otaknya dan lebih mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit.

Simak manfaat cokelat lainnya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : Ada Sosok di Balik Viralnya Humor Mukidi. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.