Sukses

Ini Cara Raih Wajah Mulus Bebas Jerawat

Untuk mencapai wajah mulus dan bersih memang butuh usaha lebih. Mulailah cerdas memilih makanan dan menjaga kebersihan wajah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah mulus tanpa jerawat keinginan semua orang. Namun untuk mencapainya memang butuh usaha lebih. Mulai dari menjaga asupan makan serta kebersihan di area wajah.

Butuh perjuangan memang untuk tampil dengan wajah lebih indah. Paling tidak lakukan tujuh hal berikut agar bisa membuat wajah mulus dan jerawat enggan datang seperti dikutip laman Women's Health, Selasa (23/4/2016)

1. Kurangi asupan produk susu dan olahannya

"Produk-produk susu sapi, bahkan yang organik, mengandung hormon sapi yang merangsang kelenjar minyak di pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat," kata dokter spesialis kulit asal Los Angeles, Amerika Serikat, Jessica Wu

Wu pun mengingatkan agar mewaspadai susu yang tersembunyi dalam makanan seperti protein bar, salad dressing, shake.

2. Perbanyak konsumsi semangka

Perbanyak konsumsi semangka serta makanan tinggi likopen lainnya seperti tomat, jambu biji merah, aprikot. Makanan-makanan tersebut baik untuk membantu mengurangi kerusakan pada wajah akibat paparan sinar matahari, memperlambat kehadiran kerutan, dan menurunkan risiko kanker kulit seperti diungkap ahli nutrisi Elizabet Somer.

3. Kurangi konsumsi gorengan dan daging merah

French fries, bakwan goreng, ubi goreng memang lezat namum memicu masalah pada wajah. Aneka riset menunjukkan konsumsi tinggi lemak dan karbohidrat mendatangkan keriput lebih cepat.

"Krim keju dan daging merah dianggap sebagai lemak penuaan (aging fat) pada kulit," kata Wechsler.

Lebih baik konsumsi asupan makanan lain seperti ikan, daging putih, kacang, tahu dan kacang hijau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jauhkan tangan dari wajah

4. Perbanyak konsumsi sayuran

Tak terbantahkan lagi manfaat sayuran bagi tubuh. Di dalam sayuran terdapat komponen antiaging serta antikanker. Makanan yang berasal dari tanaman memiliki komponen antikanker ketika kita mengonsumsinya sebagai sayuran.

5. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur

Masih ada make up dan debu di wajah bukan hanya menyumbat pori-pori tapi juga bisa menyebabkan kulit wajah kekeringan.

"Sebagian besar make up mengandung molekul seperti di dalam gula yang dapat tumbuh menjadi jamur di malam hari," kata asisten profesor klinis dermatologi Yale School of Medicinie, Macrene Alexiades-Armenakas.

6. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah yang berguna menjaga kebersihan kulit wajah sehingga tidak kusam. Produk-produk yang digunakan untuk eksfoliasi mengandung AHA seperti glikolik dan lactic acid. Namun perlu waspada, mengenai kandungan produk tersebut. Pastikan kandungan AHA hanya sekitar delapan persen, bukan lebih dari itu.

7. Jauhkan tangan dari wajah

"Hal sederhana ini bisa membuat kerusakan pada kulit wajah. Dan saya punya banyak pasien yang wajahnya lebih membaik tanpa obat-obatan hanya dengan tidak sering-sering memegang area wajah," kata dokter spesialis kulit di Virginia, Syed Amiry.

Sehingga pada saat jerawat hadir di wajah, berhenti menyentuhnya. Setiap kali Anda menekan jerawat tersebut, malah menyebabkan peradangan dan kulit menjadi stres. Pada saat sama, bakteri masuk lebih jauh ke dalam pori-pori, alhasil jerawat pun membengkak.

Kondisi seperti ini malah membuat jerawat lebih nampak dan jumlahnya berlebih. Jika memang mengalami masalah berat dengan jerawat lebih baik datang secara teratur ke dokter ahli kecantikan profesional untuk mendapatkan perawatan yang aman dan lembut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.