Sukses

Susah Tidur? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Sulit tidur bisa dialami oleh siapa saja, coba periksa lima makanan ini yang mempromosikan tidur yang lebih nyenyak dan lebih memuaskan

Liputan6.com, Jakarta Sulit untuk tidur atau tiba-tiba terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas sehingga tidur pun tidak nyenyak bisa dialami oleh siapa pun. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari stres, gelisah, atau cemas.

Solusinya mungkin ada di dapur Anda sendiri. Coba periksa lima makanan ini yang membuat tidur yang lebih nyenyak dan lebih memuaskan, seperti yang dilansir dari Prevention, Jumat (19/8/2016);

1. Keju mozzarella

fresh mozzarella

Anda mungkin tahu bahwa daging kalkun kaya triptofan, yaitu asam amino yang mendorong tubuh untuk lebih banyak memproduksi serotonin kimia, yang membantu tubuh lebih relaks dan tertidur. Namun tahukah Anda, setiap ons keju mozzrella ternyata mengandung hampir dua kali lebih banyak triptofan dibanding kalkun? Jadi, jika Anda sedang sulit tidur, coba konsumsi beberapa makanan ini.

 

2. Salmon

salmon

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa 600 miligram asam lemak omega-3 daging salmon per hari dapat membantu seseorang tidur hampir satu jam lebih lama dan terbangun tujuh kali lebih sedikit sepanjang malam ketika tidur. Namun jika Anda tidak suka ikan, Anda bisa meminum suplemen omega-3.

 

3. Almond

almonds

Segenggam kacang ini memberikan hampir 20 persen dari asupan magnesium harian Anda. Magnesium dapat mengendurkan otot-otot dan membantu Anda merasa lebih tenang ketika ingin tidur. Mereka juga sumber baik dari triptofan.

 

4. Oatmeal

oatmeal

Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca bahwa buah ceri merupakan sumber baik yang memproduksi melatonin untuk tidur yang nyenyak. Namun, oatmeal juga ternyata tidak kalah. Karbohidrat di dalamny, membantu Anda merasa mengantuk bahkan saat Anda sedang memakannya.

 

5. Pisang

sliced bananas

Buah ini mengandung zat tepung yang kaya akan magnesium serta potasium sebagai perelaksasi otot. Sama seperti mozzarella dan almond, buah ini juga memberikan banyak triptofan pada tubuh. Pisang juga makanan terbaik untuk menghilangkan keinginan mengonsumsi makanan manis sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.