Sukses

Berapa Lama Anda Akan Hidup? Lihat Usia Orangtua Anda

Anak-anak dari orang tua yang berumur panjang mungkin juga akan hidup lebih lama

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak dari orangtua yang berumur panjang mungkin juga akan hidup lebih lama dibandingkan orang lain yang orangtuanya meninggal akibat penyakit jantung pada usia 70-an, demikian yang ditunjukkan oleh penelitian baru Inggris.

"Kami menemukan bahwa untuk setiap orangtua yang hidup di atas 70 tahun, peserta memiliki kesempatan 20 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung," kata rekan penulis studi Luke Pilling, seorang peneliti di epidemiologi dan kesehatan masyarakat di University of Exeter Medical School.

Secara khusus, anak-anak dari orangtua berumur panjang memiliki risiko yang lebih rendah dari penyakit pembuluh darah, gagal jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Temuan ini bukan alasan untuk mengubah kebiasaan hidup sehat Anda jika ibu dan ayah Anda mencapai 80 atau 90-an. Mereka juga tidak menyuruh Anda menyerah jika memiliki orangtua yang meninggal lebih awal. Sebaliknya, keputusan Anda tentang kesehatan Anda dapat membalikkan tren ke arah penyakit dalam penelitian ini, kata Pilling.

"Meskipun orang-orang dengan orangtua yang berumur panjang lebih mungkin untuk hidup lebih lama sendiri, ada banyak cara bagi mereka dengan orangtua berumur pendek untuk meningkatkan kesehatan mereka. Keputusan tentang bagaimana mereka menjaga kesehatan sepenuhnya berada di tangan mereka sendiri," katanya.

Memang, teori korelasi antara rentang hidup orangtua dan anak-anak sebenarnya cukup lemah, kata Kaare Christensen, seorang profesor epidemiologi dari University of Southern Denmark. Akibatnya, katanya, "Ada banyak ruang untuk perbaikan." Ini diketahui bahwa orangtua yang hidup lama lebih mungkin untuk memiliki anak-anak yang hidup lama.

Tapi Pilling dan rekan-rekannya ingin mempelajari lebih lanjut tentang hubungan ini, seperti mengapa beberapa orang mengembangkan reisiko jantung di usia 60-an, sedangkan yang lain tidak. "Kami bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dan umur anak yang ditransfer dari orangtua mereka," kata Pilling, seperti dilansir dari laman WebMD, Sabtu (20/8/2016).

Para peneliti melacak lebih dari 186.000 orang Inggris, berusia 55 sampai 73. Semua orangtua mereka sudah meninggal. Subyek direkrut antara tahun 2006 dan 2010, dan sekitar 4.700 meninggal selama delapan tahun. Hubungan antara orangtua berumur panjang dan keturunan berjantung sehat diadakan bahkan setelah para peneliti mengatur statistik untuk faktor seperti pendidikan, usia, berat badan dan aktivitas fisik.

Menurut penelitian, beberapa peneliti telah membuat koneksi serupa di masa lalu, tetapi mereka hanya melihat sekelompok kecil orang. Penelitian ini memiliki beberapa kelemahan. Pertama, peserta tidak diikutkan setelah usia 80. Namun, Christensen memuji penelitian ini sebagai sebuah studi penting dan baik dilakukan.

Genetika mungkin bisa menjelaskan risiko lebih rendah dari penyakit jantung pada anak-anak dari orangtua berumur panjang. Warisan genetik Anda dari orangtua Anda tampaknya mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, kecanduan tembakau dan tingkat obesitas pada peserta, kata Pilling.

"Ini semua adalah faktor yang mempengaruhi risiko penyakit jantung," katanya. "Kami menemukan beberapa petunjuk bahwa ada juga mungkin jalur lain untuk hidup lebih lama, seperti melalui perbaikan yang lebih baik dari kerusakan DNA," lanjutnya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui itu, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini