Sukses

Dampak Terlalu Sering Mengunyah Es Batu

Sebagian orang menguyah es batu untuk membunuh kebosanan, sedangkan lainnya mungkin karena mulut kering.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang memiliki keinginan untuk makan es batu. Walaupun mungkin terdengar aneh, tapi itu adalah gangguan yang dikenal sebagai pagophagia.

Walau jarang merasa menggigit es batu tidak masalah, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan hal itu setiap hari.

Pada beberapa orang, bisa mengalami kekurangan zat besi. Sebagian orang menguyah es batu untuk membunuh kebosanan, sedangkan lainnya mungkin karena mulut kering.

Beberapa fakta yang terjadi jika keseringan mengunyah es batu, dilansir laman Boldsky, Selasa (16/8/2016).

1. Gigi

Anda akan merusak gigi jika sering mengunyah es. Enamel gigi bisa terpengaruh, dan dapat menyebabkan masalah pada gigi.

2. Zat besi

Pada beberapa orang, kekurangan zat besi juga bisa disebabkan karena makan es batu. Pastikan lebih banyak zat besi melalui diet untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

3. Mual

Orang yang menderita dehidrasi dan mual mungkin juga merasa seperti mengunyah es sepanjang waktu. Jika Anda menderita salah satu masalah di atas, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosisnya.

4. Malnutrisi

Umumnya mereka yang sering makan es batu dalam jumlah besar, cenderung kehilangan minat dalam mengonsumsi makanan. Ini dapat menyebabkan kekurangan gizi.

5. Kebiasaan

Beberapa orang memiliki fiksasi oral yang dapat menikmati es batu karena mereka ingin sesuatu di dalam mulut sepanjang waktu.

6. Diet

Banyak cara mengendalikan nafsu makan camilan, salah satunya dengan mengunyah es batu. Meskipun dapat membantu menurunkan berat badan, tapi memiliki kelemahan dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.