Sukses

Cara Hentikan Berat Badan Naik Akibat Pil KB

Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjaga berat badan tetap ideal meski mengonsumsi pil KB.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu efek samping yang menjengkelkan dari penggunaan pil KB adalah bertambahnya berat badan. Meskipun ada banyak manfaat besar lainnya, namun banyak wanita menghindarinya karena takut menjadi gemuk.

Namun kini tidak ada alasan untuk takut, karena Anda bisa menghentikan efek berat badan yang naik akibat pil KB, serta dapat menjaga penampilan ideal juga mencegah kehamilan dan meningkatkan siklus menstruasi Anda.

Dilansir dari Ehow, Senin (15/8/2016), coba ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjaga berat badan akibat penggunaan pil KB:

1. Tubuh tetap terhidrasi

Penyebab utama berat badan yang bertambah akibat pil KB karena retensi air, sehingga hal ini dapat dicegah dengan meminum banyak cairan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan meningkatkan asupan air dan menghindari makanan asin, maka Anda pun juga bisa mempertahankan berat badan.

2. Tekan nafsu makan dengan serat

Terkadang wanita mengeluh adanya peningkatan nafsu makan saat menggunakan pil KB. Hal ini sering disebabkan oleh perubahan hormonal tubuh. Rasa lapar yang berlebihan menyebabkan Anda mendapatkan berat badan yang banyak, coba kurangi nafsu makan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, untuk membuat Anda merasa kenyang.

3. Percepat metabolisme Anda

Saat menggunakan pil KB, metabolisme tubuh Anda akan sedikit lambat. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mengalami kelelahan dan berat badan yang meningkat. Cara mudah untuk memerangi metabolisme yang lambat adalah melakukan latihan selama 20 menit, tiga kali per minggu.

Latihan tersebut akan membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan membantu menghentikan kenaikan berat badan akibat pil KB. Selain itu dengan latihan yang teratur juga dapat memproduksi dopamin yang membuat suasana hati Anda membaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.