Sukses

6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Enam kondisi yang sebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab bibir pecah-pecah umumnya akibat kurangnya asupan mineral atau air yang cukup. Parahnya saat bibir berubah menjadi super kering, bibir akan rentan luka dan berdarah.

Tetapi banyak orang yang tak menyadari penyebab bibir retak atau pecah-pecah dapat terjadi saat kondisi berikut ini menyerang tubuh. Berikut ulasannya, seperti dikutip laman Boldsky:

1. Demam

Saat tubuh mendadak demam maka akan membuat tubuh terasa selalu haus atau dehidrasi. Dan hal ini memicu terjadinya bibir pecah-pecah. 

2. Muntah

Kondisi ini menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan karena terbuang ketika Anda muntah. Kondisi ini juga menyebabkan bibir mendadak kering dan pecah-pecah.

3. Diabetes dan amebiasis (infeksi usus besar dan terkadang infeksi hati)

Masalah medis ini juga menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dan segera memicu terjadinya bibir pecah-pecah.

4. Sering buang air kecil

Air yang keluar saat buang air kecil akan menyebabkan tubuh kekurangan air dan sebabkan bibir retak dan mengering.

5. Diare

Seperti buang air kecil, diare juga mengakibatkan tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

6. Menjilat bibir

Terkadang secara tak sadar individu sering menjilat bibirnya sendiri dengan tujuan membasahinya agar tak kering. Namun hal ini justru semakin membuat bibir menjadi kering. Lebih baik menggunakan lip balm atau pelembab bibir agar bibir lembab sepanjang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini