Sukses

Ketahui 7 Fakta Ini Sebelum Memutuskan Menikah

Sebelum memutuskan untuk menikah, ada baiknya Anda mengetahui tujuh fakta tentang pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan apa pun memerlukan usaha untuk memeliharanya, termasuk hubungan pernikahan. Tidak ada akhir bahagia selamanya seperti kisah negeri dongeng untuk hubungan pernikahan di dunia nyata. Kenyataannya diperlukan kerjasama antara suami dan istri untuk mewujudkan hubungan yang harmonis.

Sebelum memutuskan untuk menikah, ada baiknya Anda mengetahui tujuh fakta tentang pernikahan berikut ini seperti dilansir dari laman Independent, Kamis (11/8/2016):

1. Menunggu hingga usia 23 untuk berkomitmen mempersempit risiko bercerai

Sebuah studi pada 2014 yang dilakukan University of Pennsylvania menemukan, penduduk Amerika yang hidup bersama atau menikah di usia 18 memiliki risiko bercerai hingga 60 persen. Sementara mereka yang menunggu hingga usia sedikit lebih dewasa seperti 23 tahun memiliki risiko perceraian sekitar 30 persen.

2. Fase jatuh cinta hanya setahun

Fase "bulan madu" dengan rasa cinta yang menggebu-gebu serta ketertarikan yang intens tak bertahan selamanya. Menurut psikolog dari Monmouth University, Gary W. Lewandowski Jr, fase ini hanya bertahan sekitar setahun.

3. Anda akan menyadari perbedaan dengan pasangan

Ketika Anda sudah mulai tinggal bersama pasangan, Anda akan menyadari memiliki prioritas serta toleransi yang berbeda.

4. Hubungan akan lebih baik jika Anda ikut merasa bahagia dengan kabar baik untuk pasangan

Dalam banyak studi, pasangan yang merayakan kabar gembira secara aktif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang hanya pasif menyikapinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Pasangan paling bahagia adalah yang menikahi teman

5. Pasangan paling bahagia adalah yang menikahi teman

Penelitian yang dilakukan National Bureau of Economic pada 2014 menyimpulkan, persahabatan manjadi dasar utama bagi kebahagiaan dan kepuasan dalam pernikahan.

6. Pasangan yang beda usianya sedikit berisiko kecil untuk berpisah

Studi dari Emory University menemukan, pasangan dengan beda usia 5 tahun memiliki risiko 18 persen untuk bercerai. Sementara mereka yang berbeda usia 10 tahun risiko bercerai adalah 39 persen.

7. Melakukan pekerjaan rumah tangga bersama meningkatkan kedekatan

Lebih dari 60 persen pasangan di Amerika Serikat mengatakan, melakukan tugas rumah tangga bersama-sama memiliki peran krusial dalam menyukseskan pernikahan.

Anda akan menghemat banyak waktu jika pasangan bekerjasama melakukan pekerjaan rumah tangga dengan keahlian masing-masing. Dengan begitu waktu untuk melakukan hal yang disukai bersama pasangan pun semakin besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.