Sukses

Ritual yang Dilakukan 6 Atlet Jelang Tampil di Olimpiade

Bisa tampil dalam Olimpiade di Rio de Janeiro menjadi kebanggaan tersendiri bagi para atlet.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Bisa tampil dalam Olimpiade di Rio de Janeiro menjadi kebanggaan tersendiri bagi para atlet. Dan tentunya, ini bukan penampilan pertama mereka di hadapan ribuan penonton.

Tapi, para atlet ini tetap saja merasa perlu persiapan untuk bisa tampil maksimal. Bukan hanya fisik tapi juga mental.

Berikut ini beberapa atlet yang membocorkan ritual mereka jelang tampil di Olimpiade Rio de Jenairo 2016, seperti dilansir Shape, Selasa (9/8/2016).

1. Kelley O'Hara, atlet sepak bola wanita

"Saya memakai dua kalung, yang satu bertuliskan nama akhir saya O'Hara, dan satunya kalung yang juga dipakai ibu, adik, dan tunangan kakak. Ini jadi semacam kalung keluarga. Dan di bagian belakang, ada tanggal final piala dunia," ujarnya.

Kelly O'Hara, pesepakbola wanita

Pesepakbola wanita yang meraih medali emas di Olimpiade ini tidak menyakini jimat keberuntungan benar-benar ada, tapi perlu perjuangan. Baginya melihat keluarga membuatnya bahagia, itu yang membuatnya semangat.

Meski begitu, O'Hara tak pernah menanggalkan kalung tersebut, hanya saat bertanding ia tak bisa menggunakannya.

 

2. April Ross, atlet voli

Peraih medali perak di Olimpiade, April Ross, berusaha untuk menghilangkan segala tahayul. Ia yakin untuk bertanding diperlukan kekuatan dan kemampuan diri sendiri.

"Tapi aku selalu mengepang rambut. Aku pikir itu hanya fungsional tapi saat aku mengerjakannya, aku selalu berpikir tentang kompetisi," terang Ross.

April Ross, atlet voli

Ross percaya dirinya sudah melakukan yang terbaik. Dan ia percaya cara itu lah yang membuatnya bisa menebar pesona keberuntungan.

 

3. Adeline Ray, atlet gulat gaya bebas wanita

Tiga kali meraih juara rupanya Adeline Ray suka memakai perlengkapan yang sama di kamar mandi, seperti pakaian serta bra olahraga keberuntungan menjadi hal yang harus dilakukan.

Adeline Ray, atlet gulat

Selain itu, Adeline Ray juga kerap mengganti kaus kaki jelang pertandingan. "Saya mengganti kaus kaki 10 menit sebelum pertandingan."

 

4. Ajee Wilson, pelari 800 m

"Saya sedang bersiap-siap, mandi, dan berpakaian. Saya selalu menyanyikan lagu Beyonce 'I was Here'. Dan biasanya memakai kalung emas kecil dari ibu," terang Wilson.

Ajee Wilson, pelari 800 m

 

5. Brenda Martinez, pelari wanita 1500 m

Bagi Brenda Martinez tidur dalam suasana hati yang baik akan memengaruhinya saat bangun. Selain itu, ia juga akan memasang alarm dengan lagu favoritnya.

"Aku akan berbaring di sana selama beberapa menit, dan menghabiskan waktu sambil memikirkan semua hal yang sudah aku raih. Kemudian pergi mencari kopi. Bagi aku itu penting sebelum memasuki harinya," kata Martinez.

Brenda Martinez, pelari wanita 1500 m

Brenda Martinez tak menyebutnya ini sebuah keberuntungan, tapi ia selalu meninggalkan rumah sambil mencium anjing dan kucingnya. "Ketika aku mengatakan selamat tinggal, mereka itu seperti memberikan berkat. Jadi aku datang kembali ke rumah dengan selamat."

 

6. Amy Cozad, atlet lompat indah

"Tuna adalah pesona keberuntungan. Jika saya berkompetisi di Amerika, saya selalu pergi ke Subway untuk membeli sandwich tuna dengan ramuan Italia dengan bayam, bawang, mayo, dan merica," terang wanita yang sudah delapan kali juara nasional ini.

Amy Cozad, atlet lompat indah

Amy Cozad memang tidak bisa meninggalkan tuna. Buktinya, kalau dirinya harus bertanding ke luar negeri, ia selalu membawa paket tuna, mayo, dan kerupuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini