Sukses

Warna yang Membuat Perempuan Lebih Menarik Perhatian

Studi terbaru menunjukkan bahwa warna merah membuat penampilan perempuan lebih menarik perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Studi terbaru menunjukkan bahwa warna merah membuat penampilan perempuan lebih menarik perhatian. Responden terdiri dari mahasiswa berusia sekitar 20 tahun.

Pada percobaan pertama, foto wanita dengan latar belakang putih atau merah ditunjukkan kepada mahasiswa pria. Hasilnya, foto perempuan berlatar merah lebih banyak dipilih.

Percobaan kedua melibatkan pelajar pria dan wanita. Hasilnya, pelajar pria tetap tertarik pada gambar perempuan berlatar merah, tetapi pelajar perempuan tidak.

Pada tiga percobaan berikutnya ditunjukkan gambar wanita dengan latar merah atau warna lain (abu-abu, hijau, atau biru). Responden diberi pertanyaan lebih dalam, seperti apakah kamu tertarik secara seksual? Perempuan “merah” mendapat nilai tertinggi karena menarik dan menarik secara seksual. Pria juga mengatakan akan mengeluarkan uang lebih banyak bagi perempuan “merah”. 

“Baru-baru ini psikolog dan peneliti dalam disiplin ilmu lain melihat secara dekat dan sistematis hubungan warna dan perilaku,” ujar pimpinan penelitian, Andrew J. Elliot, Ph.D, dari University of Rochester, kepada WebMD. 

Hasilnya mengagumkan: suatu warna ternyata memiliki efek terhadap perilaku. Merah, diungkapkan peneliti, seperti dikutip Journal of Personality and Social Psychology, telah lama dihubungkan dengan cinta, gairah, dan hasrat. Perempuan Mesir kuno misalnya, mengecat bibir mereka dengan warna merah agar tampak lebih menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.