Sukses

5 Makanan Sehat Kurangi Stres

Aktivitas yang melelahkan akibat pekerjaan rumah atau tugas yang menumpuk di kantor, dapat menimbulkan stres.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas yang melelahkan akibat pekerjaan rumah atau tugas yang menumpuk di kantor, dapat menimbulkan stres, yang merupakan reaksi kimia dalam tubuh menyebabkan jantung Anda berpacu, dan membuat otot tegang.

Sering mengalami stres dapat membuat kekacauan pada kesehatan, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, seperti flu, tekanan darah yang meningkat, risiko diabetes, dan depresi.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa berolahraga dan melakukan meditasi adalah cara yang sehat untuk mengurangi stres, namun ternyata nutrisi dalam beberapa makanan sehat juga dapat membantu. Dilansir dari Ehow, Rabu (3/7/2016):

1. Dark chocolate

Antioksidan yang ditemukan di dalam cokelat, merangsang pelepasan serotonin di otak. Kimia ini dapat mengubah suasana hati Anda, seperti lebih rileks dan bahagia. Nutrisi dalam dark chocolate juga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Lisa Cimperman, menunjukkan bahwa dalam dark chocolate mengandung setidaknya 70 persen kakao yang bermanfaat.

2. Salmon

Omega-3 dalam ikan salmon tidak hanya baik untuk jantung namun menurut para peneliti juga dapat membantu Anda dalam mengelola stres.

Selain itu, asam lemak esensial yang ditemukan di dalamnya, dapat melindungi neuron dari kerusakan yang disebabkan oleh stres, apalagi bagi orang-orang yang mengalami stres kronis.

"Jadi untuk kesehatan yang lebih baik, coba konsumsi salmon atau ikan lainnya seperti tuna atau ikan sarden dua kali seminggu," ujar Cimperman.

3. Pisang

Pisang adalah makanan yang baik dalam diet untuk mengurangi stres. Menurut dokter naturopati, Kathleen A, kekurangan vitamin B6, dapat mengurangi produksi serotonin. Pisang juga kaya akan kalium yang merupakan nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Teh hijau dan teh hitam

Asam amino dalam minuman ini meningkatkan produksi dopamin dan serotonin. Jadi, walaupun secangkir teh hijau kadang lebih banyak mengandung kafein dibanding kopi, namun kandungan di dalamnya dapat memicu perasaan senang dan relaksasi pada beberapa orang.

5. Kacang

Kacang tidak hanya merupakan sumber vitamin B, tetapi juga tinggi serat, protein, dan zat besi. Setengah cangkir porsi kacang apapun, seperti kacang hitam, kacang merah, atau buncis, dapat membantu Anda untuk mendapatkan vitamin B yang mengurangi rasa stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.