Sukses

7 Transformasi Mengesankan pada Payudara Selama Hamil

Mulai dari membesar, lebih berat, serta butuh dukungan bra yang tepat, ini 7 transformasi pada payudara yang patut Anda ketahui.

Liputan6.com, New York- Selain terjadi perubahan pada ukuran perut, payudara pada wanita hamil akan berubah. Di masa awal kehamilan, sudah terjadi perubahan hormon tubuh guna mempersiapkan payudara agar siap menghasilkan air susu ibu ketika sang bayi lahir.

Berikut beberapa perubahan yang hadir pada saat hamil diungkap profesor klinis kebidanan dan kandungan dari Yale University School of Medicine Amerika Serikat, Mary Jane Minkin, seperti dikutip dari laman Parents, Kamis (4/8/2016).

1. Membesar sejak minggu-minggu awal kehamilan 
Sejak awal kehamilan jaringan tisu dan aliran darah di payudara meningkat untuk membatu saluran mamae dan kelenjar susu berkembang. Di usia kehamilan usia enam minggu, sudah terjadi perubahan satu ukuran cup payudara seperti diungkap Minkin.

2. Lebih berat
Pembesaran ukuran payudara membuat beratnya pun bertambah. "Payudara membesar lantaran menyimpan banyak cairan yang merupakan efek progesteron dan estrogen," kata Minkin.

3. Nyeri
Salah satu yang dirasakan ibu hamil pada payudara mereka adalah rasa nyeri. Jaringan tisu dan jumlah cairan yang bertambah bisa menyebabkan rasa nyeri di payudara.

4. Pembuluh vena terlihat
"Pembuluh vena lebih terlihat karena melebar demi mengakomodasi peningkatan aliran darah," kata Minkin.

5. Puting mencuat dan areola meluas
Jika sebelum hamil puting tak kentara, sejak awal-awal kehamilan puting mulai mencuat. Lalu areola mulai meluas dan tampak lebih hitam akibat meningkatkan hormon estrogen.

6. Kemungkinan muncul 'stretch mark'
Pembesaran dan pembengkakan payudara bisa menyebabkan kehadiran stretch mark. Terkadang pada saat yang bersamaan juga hadir rasa gatal. Menggunakan pelembap payudara usai mandi dan sebelum tidur bisa membantu mengurangi rasa gatal tersebut.

7. Butuh dukungan bra tepat
Kehamilan merupakan momen yang spesial; terjadi banyak hal-hal spesial dalam diri wanita termasuk pada payudara. Nah, berikan dukungan berupa bra tepat pada saat ini. Seperti tali yang lebar dan cup bra yang nyaman dengan bahan katun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.