Sukses

7 Fakta Mengejutkan Ibu Menyusui

Tujuh fakta ilmiah mengejutkan yang ditemukan dalam penelitian dan studi seputar ASI dan ibu menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif adalah upaya terbaik dalam memberikan gizi dan nutrisi baik bagi anak sejak kelahirannya. Bahkan di seluruh dunia, pemberian ASI ekslusif sudah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) selama enam bulan pertama. Namun dari 79 persen ibu menyusui masih ada yang tidak mengetahui pentingnya menyusui.

Seperti dikutip laman The Stir, ditulis Senin (1/8/2016) pemberian ASI eksklusif bukan hanya memberikan manfaat baik untuk anak bahkan ibu juga memperoleh keuntungan baik dari menyusui. Berikut tujuh fakta mengejutkan seputar ibu menyusui yang belum Anda ketahui:

1. Menyusui lebih bermanfaat bagi anak laki-laki dibandingkan anak perempuan

Para peneliti dari Western Australian Pregnancy Cohort, meneliti 2.900 anak berusia 10 tahun dan menemukan, pemberian ASI selama enam bulan atau lebih pada anak laki-laki membuatnya lebih pintar di kemudian hari.

Peneliti melihat anak laki-laki lebih terampil dalam bidang matematika, kemampuan membaca, bicara, dan menulis yang lebih baik dibandingkan anak perempuan. Meski begitu, saran menyusui tetap harus diberikan kepada anak perempuan.

2. Ibu menyusui berkemungkinan tinggi memiliki bayi kembar

Kesempatan untuk hamil ketika menyusui mungkin rendah. Namun jika itu terjadi, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Reproductive Medicine reports melaporkan, Anda memiliki sembilan kali lipat kesempatan memiliki anak kembar dibandingkan pada mereka yang hamil tidak saat menyusui. 

3. Payudara kanan memiliki ASI lebih banyak

Menurut sebuah studi 2006 yang dilakukan oleh School of Women's and Infants' Health dari University of Western Australia, menemukan, 76 persen ibu memiliki pasokan susu yang lebih banyak pada payudara kanannya. Mengapa? Karena payudara kanan cenderung lebih besar dari kiri.

4. Pasokan ASI ibu dengan bayi laki-laki lebih banyak

Ibu dari anak laki-laki cenderung memiliki produksi susu yang lebih. Sebuah penelitian mempelajari 71 ibu dengan anak laki-laki yang menghasilkan sekitar 30 gram tambahan susu, dibandingkan ibu dengan anak perempuan.

5. Diet ibu pengaruhi pasokan ASI

Dokter dari University of Extremadura, Spanyol, menemukan, masing-masing ibu memiliki komponen ASI yang berbeda-beda tergantung dari diet harian dan ritme tubuh ibu.

6. Suhu kulit berubah saat menyusui

Para ilmuwan dari Tokyo Medical and Dental University mengungkap, setelah lima menit menyusui, suhu pada kulit payudara ibu akan berubah menjadi lebih hangat. Namun perubahan ini hanya terjadi selama minggu pertama menyusui.

7. Bayi kenali aroma ASI ibunya

Sekelompok peneliti di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia menemukan, bayi dapat dengan mudah mengidentifikasi bau ASI ibu mereka. Studi ini juga menemukan bahwa benjolan kecil di sekitar puting ibu melepaskan cairan yang berbau khas yang membuat bayi mampu mengenali aroma ibunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.