Sukses

3 Alasan Bobot Tubuh Naik dalam Semalam

Berikut ini adalah alasan dan penyebab yang membuat Anda merasa berat badan naik secara ajaib hanya dalam semalam

Liputan6.com, Jakarta Siapapun yang mencoba untuk menurunkan berat badan, pasti tidak akan rela ketika melihat timbangan namun bobot tubuh naik. Apalagi jika Anda sudah rajin melakukan diet dan olahraga untuk mencapai berat badan ideal.

“Jika Anda menimbang berat badan setiap hari, Anda akan melihat perubahan dramatis pada skala timbangan. Saya sering memberitahu pasien saya agar jangan kaget ketika melihat sedikit peningkatan pada timbangan, walaupun Anda makan dan berolahraga sempurna. Hal ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya,” ujar seorang ahli diet senior di Selvera Weight Management Program, Amanda Foti, MS, RD.

Dilansir dari Self, Selasa (26/7/2016), berikut ini adalah alasan dan penyebab yang membuat Anda merasa berat badan hanya dalam semalam:

1. Makan banyak sodium lebih banyak dari biasanya

“Jika Anda mengonsumsi lebih banyak sodium lebih dari biasanya, hal ini akan membuat Anda tahan tidak minum air, sehingga tubuh pun dehidrasi,” ujar Foti. Dehidrasi akibat makan banyak sodium, menyebabkan fluktuasi berat badan yang drastis.

2. Tidak buang air besar

Jika Anda makan sepanjang hari, maka berat badan akan meningkat sampai waktu berikutnya. Namun jika tidak buang air besar secara teratur, tubuh akan memiliki berat yang lebih. Sehingga, pastikan untuk makan cukup serat dan tubuh terhidrasi dengan baik, hal ini akan membuat perut Anda bisa berfungsi dengan baik.

3. Hampir waktu menstruasi

Hunnes mengatakan bahwa, perubahan hormon saat periode menstruasi juga dapat meningkatkan retensi cairan. Berat badan akibat hal ini biasanya dimulai dari lima sampai tujuh hari sebelum menstruasi dimulai, dan biasanya akan hilang di hari ketiga atau keempat saat periode mestruasi sedang berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini