Sukses

3 Tanda Wanita Harus Ganti Bra Olahraga Baru

Tiga tanda ini menjadi pedoman bagi wanita untuk mengganti bra olahraganya demi kesehatan payudara.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan payudara wanita tidak hanya perlu dirawat dari dalam. Namun, juga dari luar seperti penggunaan bra yang berfungsi melindungi payudara perlu dijaga dengan maksimal. 

Wanita yang sering beraktivitas di lapangan terutama berprofesi sebagai atlet membutuhkan bra khusus, agar keringat yang berjatuhan di sekitar payudara dapat terserap dengan baik dan tak merugikan kesehatan payudara.

Permasalahannya, bra yang dikenal dengan sports bra atau bra olahraga ini bisa cepat rusak jika terus menerus dipakai. Seperti dikutip laman Health, Kamis (21/07/2016), ketahui tanda-tanda berikut ini di mana Anda harus segera mengganti sports bra Anda.

1. Umur sports bra tidak panjang

"Sports bra harus diganti setiap enam bulan sampai 12 bulan. Tergantung pada seberapa sering Anda memakainya," ujar Audrey Kirkland, sports bra brand manager New Balance. 

Bukan hanya soal ketahanan sports bra yang tak lama namun, LaJean Lawson, PhD, industrial designer sekaligus exercise scientist, juga mengatakan bahwa kekuatan sports bra tergantung dari total pemakaian.

"Jika Anda mengenakan bra yang sama untuk setiap latihan sehari-hari, maka Anda mungkin perlu menggantinya lebih cepat dari enam bulan," kata Kirkland. Ia juga menyarankan untuk setidaknya memakai sports bra sebanyak tiga hingga empat kali lalu menggantinya.

2. Tidak elastis lagi

Ketika Anda merasa bahwa bra Anda sudah tidak elastis dari sebelumnya, maka segeralah menggantinya. Jika tidak payudara tidak akan mendapat penyangga yang optimal dan membahayakan payudara.

3. Bra berubah bentuk

Saat berat badan menurun maka akan mempengaruhi juga perubahan pada payudara. Saat berada pada kondisi ini, tak sedikit sports bra yang memberikan perubahan saat dikenakan.

Jika bra terasa longgar atau tali bra mudah berubah posisi itu pertanda Anda harus mengganti sports bra sebelum ketidaknyamanan melanda payudara Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.