Sukses

Langsung Minum Susu Habis Santap Makan Pedas

Mengapa harus minum susu sehabis menyantap makanan pedas? Ini alasannya

Liputan6.com, Jakarta Anda harus segera minum segelas susu sehabis menyantap makanan pedas. Bukan minuman dingin, sirup, atau teh manis karena susu memiliki kandungan protein yang dapat menggantikan senyawa yang membuat tubuh terasa panas gara-gara terlalu banyak mengonsumsi cabai.

"Ternyata susu memiliki protein yang dapat menghilangkan capsaicin pada reseptor di lidah Anda," kata Profesor dari New Mexico State University Chile Pepper Institute, Paul Bosland, dikutip dari Daily Mail, Rabu (20/7/2016)

Capsaicin, jelas Paul, merupakan senyawa kimia yang ditemukan di dalam cabai yang membuat lidah kepedasan meski makanan yang Anda santap itu sudah ditelan.

Atau ketika Anda menggigit cabai, capsaicin menempel pada reseptor di mulut dan lidah Anda. Sehingga wajar sekujur tubuh Anda dibanjiri keringat.

Rupanya tak hanya susu yang dapat menghilangkan rasa pedas. Makanan yang dikemas dengan karbohidrat juga dapat membantu memadamkan rasa pedas tersebut. "Hanya saja tidak seefektif susu," kata Paul Bosland.

Mulai sekarang tak perlu takut mengonsumsi makanan pedas. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi cabai atau makanan pedas dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan masalah pernapasan.

Untuk menghilangkan rasa pedas yang membuat tubuh terasa panas, Anda dapat segera menenggak segelas susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini