Sukses

Berenang Pengaruhi Pertumbuhan Sel Baru pada Otak

Salah satu aktivitas fisik yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak adalah berenang.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas fisik menjadi kegiatan yang amat mempengaruhi kesehatan tubuh. Organ dalam tubuh, terutama otak, berperan penting dalam kesehatan individu.

Salah satu aktivitas fisik yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak adalah berenang. Sebuah studi terbaru mengklaim bahwa sirkulasi darah akan berjalan lebih baik jika tubuh berada di dalam air.

Seperti dilansir laman Boldsky, Senin (18/7/2016) saat tubuh hingga bagian dada terendam dalam air maka sirkulasi darah menjadi lancar ke berbagai bagian organ tubuh hingga otak. Peneliti mempelajari hubungan antara air dengan aktivitas otak yang bekerja dalam waktu bersamaan. Penelitian ini dilakukan pada 10 orang.

Tes pertama kali dilakukan dengan meminta individu berdiri di dalam tangki air yang dikosongkan lalu diisi dengan air hingga bagian dada. Peneliti kemudian melihat denyut jantung dengan alat khusus. Data yang keluar dari alat tersebut lalu dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan, suplai darah ke otak memberikan pasokan oksigen ke otak lebih lancar. Hal inilah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak.

Tak hanya itu, gerakan tubuh dalam air saat berenang juga dapat meningkatkan pernapasan lebih baik hingga jantung menjadi lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini