Sukses

Senin Ini, Kemkes Mulai Imunisasi Ulang Bayi di Puskesmas Ciracas

Pemerintah akan mulai melakukan imunisasi ulang pada Senin (18/7) di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan mulai melakukan imunisasi ulang di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur pada Senin (18/7).

Sebanyak 197 pasien yang mendapatkan vaksin palsu di Klinik Bidan EN, rencananya akan mendapatkan vaksin yang disediakan Pemerintah.

"Pasien akan diimunisasi dengan vaksin asli di Puskesmas,” kata Ketua Satgas, Maura Linda Sitanggang dalam keterangan pers, Sabtu (16/7/2016).

Sebelum dilakukan imunisasi ulang, Satgas bekerja sama dengan Puskesmas dan aparat setempat telah melakukan komunikasi dengan orangtua dan pemeriksaan pasien. Hal ini diperlukan untuk memastikan nama pasien, usia dan jenis vaksin yang didapatkan.

Menyinggung imunisasi ulang di 14 rumah sakit yang terduga menggunakan vaksin palsu, Maura mengatakan saat ini Satgas sedang melakukan persiapan.

"Satgas saat ini dalam proses verifikasi data pasien sekaligus menyiapkan imunisasi ulang," katanya.

Satgas vaksin palsu yang terdiri dari Kemenkes, BPOM, Bareskrim Polri dan IDAI telah melakukan pendalaman kasus vaksin palsu. Selain melakukan pendataan nama pasien yang mendapatkan vaksin palsu, Satgas juga melakukan audit pelayanan kefarmasian yang dijalankan rumah sakit. mulai dari perencanaan, penggunaan dan pemusnahan limbah vaksin. Disamping itu, Satgas juga mendalami kemungkinan keterlibatan pihak manajemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.