Sukses

7 Camilan yang Bikin Jantung Sehat

Tujuh macam camilan sehat ini kaya akan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Magnesium merupakan mineral penting yang menurunkan risiko kerusakan jantung, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kolesterol baik HDL.

Seperti yang kita tahu, HDL dalam darah membuang LDL yang berbahaya dari dalam arteri. Magnesium juga membantu tubuh menggunakan insulin guna mengatasi diabetes yang cenderung meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berikut tujuh macam camilan sehat yang kaya akan magnesium, dilansir dari laman Newsmax, Minggu (10/7/2016).

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang Brasil, almond, mete, pecans, biji bunga matahari, dan biji labu mengandung banyak magnesium. Selain baik bagi jantung, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung protein yang membantu meningkatkan kadar energi.

2. Pisang

Pisang banyak mengandung potassium, magnesium, vitamin C, dan serat. Itu sebabnya pisang baik dikonsumsi agar tubuh sehat. Pisang pun mudah dibawa ke mana saja sehingga cocok dikonsumsi kapan saja untuk meningkatkan metabolisme dan kesehatan jantung.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam menyediakan magnesium dan antioksidan yang menguatkan jantung. Camilan ini juga melancarkan peredaran darah serta menurunkan tekanan darah untuk melindungi jantung.

4. Flaxseed

Flaxseed juga merupakan camilan sehat yang bisa Anda tabur pada sereal atau yoghurt. Bahkan Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothies. Flaxseed berisi magnesium, serat, serta antioksidan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

5. Oatmeal

Gandum merupakan pilihan menu sarapan yang baik. Menurut laman Huffington Post, gandum juga mengandung magnesium, potassium, serta mineral yang diperlukan jantung agar tetap sehat. Selain itu oatmeal bisa menjaga berat badan tetap terkontrol.

6. Seledri

Biasanya seledri digunakan sebagai taburan sajian atau bumbu pelengkap. Magnesium dalam seledri bisa meredakan stres. Seledri juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi LDL, kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Wortel

Sayur kaya magnesium ini umumnya diolah sebagai sup. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari kandungan magnesiumnya agar jantung sehat dengan memakannya dalam keadaan segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini