Sukses

4 Tanda Anda Memiliki Masalah Tiroid

Masalah tiroid lebih banyak mempengaruhi wanita dibandingkan pria, wanita delapan kali lebih mungkin untuk memilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Sering kali ketika merasakan ada sesuatu di dalam tubuh, kita hanya mengabaikannya dan menganggap bahwa hal tersebut bukanlah masalah besar. Memang kadang anggapan kita benar, namun apa yang tampaknya biasa kadang-kadang bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan isyarat yang tubuh Anda berikan, seperti misalnya untuk masalah tiroid.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang memainkan peran penting dalam hampir setiap area tubuh. Tiroid memproduksi hormon yang mengontrol dan mempengaruhi jantung, otot pada otak, dan bagian lain dari tubuh Anda. Ketika tiroid memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, maka fungsi dasar Anda seperti tidur, berat badan, nafsu makan dan suasana hati akan terpengaruh.

Masalah tiroid lebih banyak mempengaruhi wanita dibandingkan pria. Wanita delapan kali lebih mungkin untuk memilikinya seperti yang dilansir dari spaweek, Sabtu (9/7/2016). Berikut adalah gejala-gejalanya:

1. Anda merasa lelah setelah tidur malam yang penuh

Jika Anda merasakan hal ini, mungkin Anda menderita hypothyroidism, yaitu tiroid yang kurang aktif. Tubuh Anda merasa lesu karena rendahnya produksi hormon tiroid dan metabolisme yang lebih lambat.

 

2. Berat badan bertambah atau berkurang tanpa alasan jelas

Kondisi ini merupakan tanda lain yang umum dari masalah tiroid. Mungkin Anda makan lebih sedikit dan berolahraga, tapi berat badan tetap bertambah. Hal ini adalah tanda bahwa tiroid Anda kurang aktif. Ini menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat sehingga tubuh lebih sedikit membakar energi dan akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan.

Di sisi lain, tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan penurunan berat badan. Jika Anda memiliki tiroid yang terlalu aktif, tubuh akan memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Itu akan meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membakar energi terlalu banyak.

 

3. Kulit kering, rambut, dan kuku yang rapuh

Gejala ini terkait dengan tiroid yang kurang aktif. Kerontokan rambut, kulit berminyak, dan rambut yang berminyak juga dapat dikaitkan dengan tiroid yang terlalu aktif. Gejala ini dapat timbul setelah tiroid Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk beberapa waktu.

 

4. Periode menstruasi Anda tidak teratur

Tiroid yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya dapat mengganggu siklus menstruasi Anda. Jika menstruasi mulai terjadi lebih sering, mungkin Anda memiliki tiroid yang terlalu aktif, namun jika sebaliknya, maka Anda memiliki tiroid yang kurang aktif. Gangguan pada siklus menstruasi dapat meningkatkan risiko infertilitas.

Hal-hal ini adalah beberapa gejala umum mengenai kondisi dan masalah tiroid. Untuk mengetahui bahwa tiroid Anda sehat, Anda bisa membicarakannya dengan dokter dan melakukan beberapa tes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini