Sukses

6 Langkah Kembali Sehat Usai Makan Berlebih

Lebaran memang tak bisa jauh dari makanan enak bersama keluarga. Alhasil makan pun jadi berlebih.

Liputan6.com, New York- Bukan hanya ketupat dan opor ayam yang menjadi santapan lezat di Hari Lebaran. Masih ada kue-kue enak nan menggoda untuk dicicipi. 

Lebaran memang tak bisa jauh dari makanan enak bersama keluarga. Alhasil makan pun jadi berlebih. Namun Anda tak perlu panik. Satu hari makan berlebih bersama orang-orang tersayang merupakan salah satu hal terbaik yang tak perlu kita lewati.

Usai makan banyak tak mungkin besok jadi langsung gemuk. "Makan berlebih dalam satu hari mungkin bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menurunkan berat badan, namun tidak membuat berat badan melonjak naik drastis," tutur pakar nutrisi bersertifikat, Keri Gans.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu kembali pada kebiasaan sehat serta menjaga agar berat badan tidak naik setelah menyantap makanan enak seperti dikutip laman Women's Health, Kamis (7/7/2016).

- Jangan lupa sarapan
Meski perut terasa penuh karena kemarin makan banyak, tetap awali hari dengan sarapan. Hal ini membantu tubuh mendapatkan ritme makan kembali.

- Penuhi asupan cairan
Perbanyak minum air putih karena ini akan membaut Anda merasa kenyang. Jika kondisi perut terasa kenyang, tentu tak ingin makan camilan.

- Menu makan siang: salad
Kandungan serat dalam sayuran di salad akan membuat Anda kenyang lebih lama.

- Jangan lupa makan camilan di sore hari
Makan berlebih lalu tidak makan membuat metabolisme tubuh kacau. Oleh karena itu jangan lupa konsumsi makanan ringan di sore hari. Seporsi buah atau segenggam almond merupakan pilihan baik.

- Menu makan malam masak sendiri
Dengan memasak sendiri, Anda tahu bahan makanan apa saja yang diolah.

- Aktif bergerak atau berolahraga
Bila masih ada keponakan atau anak kecil di rumah, ajak mereka bermain. Anak-anak memiliki energi ekstra sehingga aktif bermain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.