Sukses

Jumlah Batang Rokok per Hari Bisa Bikin Pria Mandul

Pria berisiko mandul sehingga sulit punya anak jika mereka merokok lebih dari tiga batang per hari.

Liputan6.com, Jakarta Pria yang merokok lebih dari tiga batang per hari berisiko mengalami mandul atau tak bisa memiliki anak.

"Di bawah tiga batang masih aman. Secara penelitian, di atas tiga batang, tidak hanya menyebabkan kemandulan, tapi juga penyakit jantung, kanker, dan pada perempuan hamil janin jadi terhambat pertumbuhannya," kata Dr Boyke dikutip dari channel Vidio.com pribadinya, Kamis (30/6/2016)

Dr Boyke melanjutkan, dari beberapa sampel sperma pada pria merokok mengalami kesulitan untuk mendekati sel telur sehingga tidak terjadi proses pembuahan.

"Dilihat dari mikroskop, sperma dari laki-laki perokok akan bergetar melihat telur, dia diam saja. Sementara sperma pada laki-laki tidak merokok, lebih leluasa dan bebas untuk membuahi," kata Boyke.

Salah satu racun yang terkandung di dalam asap rokok yaitu niktorin, dapat memengaruhi sperma dari kepala sampai bagian ekornya. "Akhirnya tidak bisa membuahi sel telur. Sehingga merokok menyebabkan kemandulan," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.