Sukses

7 Penyebab Sariawan di Mulut

Sariawan adalah bercak putih bulat kecil dengan lapisan merah di sekitarnya yang hanya muncul di dalam mulut.

Liputan6.com, Jakarta Sariawan adalah bercak putih bulat kecil dengan lapisan merah di sekitarnya yang hanya muncul di dalam mulut. Sakit di mulut ini mempengaruhi kegiatan sehari-hari, seperti makan, minum, dan berbicara menjadi sulit.

Bila ukuran bisulnya kecil, disembuhkan setelah lima sampai 10 hari. Tapi kalau besar bisa mencapai satu bulan dan tentunya itu menyakitkan.

Sariawan muncul karena adanya bisul kecil yang meletus akibat infeksi herpes simpleks, dan datangnya dalam jumlah banyak, sekitar 50-60. Hal ini sering dialami oleh kaum wanita.

Sebagian besar orang santai menanggapi penyakit ini, dan mengabaikan penyebabnya. Seharusnya diperiksa dengan benar karena mungkin saja berhubungan dengan kesehatan.

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan sariawan muncul, dilansir laman Boldsky, Kamis (30/6/2016):

1. Ketidakseimbangan hormonal

Bisul di dalam mulut disebabkan ketika ada ketidakseimbangan dalam hormon. Terutama perempuan yang cenderung mengembangkan sariawan sebelum dan selama menstruasi.

2. Stres

Dalam banyak kasus ketika ada stres dan kecemasan, orang menderita sariawan. Juga, pada saat-saat seseorang marah.

3. Infeksi herpes simpleks

Herpes simpleks adalah virus menular yang dapat menularkan kepada orang lain secara langsung, bisa melalui makanan yang dikonsumsi dalam satu piring yang sama, berbagi pelembab bibir, atau ciuman.

4. Alergi dengan makanan tertentu

Jika seseorang alergi terhadap makanan tertentu, mereka akan menimbulkan sariawan. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas pun jadi pemicu.

5. Anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya tingkat zat besi yang menyebabkan luka, serta bisul di mulut. Juga menimbulkan kekeringan di sekitar mulut, dan tenggorokan.

6. Kesehatan gigi buruk

Sariawan yang terjadi di sekitar gusi adalah karena kesehatan gigi yang buruk. Dari semua bentuk lain dari sariawan, ini yang paling sakit.

7. Kurang nutrisi

Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bila ada kekurangan dalam nutrisi seperti vitamin B12, vitamin C, dan zat besi akan menimbulkan sariawan.

 

Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.