Sukses

Dahsyatnya Kulit Jeruk untuk Perawatan Kecantikan

Tiga perawatan kecantikan ini dapat Anda terapkan dengan mudah dan murah dari kulit jeruk yang dikeringkan.

Liputan6.com, Jakarta Jeruk yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh terutama kulit ternyata tak hanya berasal dari buahnya saja. Melainkan kulitnya juga berguna sebagai rezim kecantikan semua wanita.

Mengutip laman The Health Site, ditulis Senin (27/06/2016), kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe berlebih hingga perawatan alami khusus tipe kulit berminyak. Berikut kedahsyatan kulit jeruk untuk perawatan kecantikan Anda.

1. Cegah jerawat 

Jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih hingga bakteri yang menyumbat pori-pori pada kulit dapat diatasi dengan penggunaan kulit jeruk. Sifat anti bakteri dan anti mikroba dalam kulit jeruk dapat menghentikan pertumbuhan bakteri juga memperbaharui pertumbuhan sel-sel baru yang sehat.

Cukup dengan mengambil beberapa kulit jeruk yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari selama sehari. Lalu giling semua kulit jeruk hingga berbentuk bubuk halus. Tambahkan beberapa air secukupnya lalu oleskan pada area berjerawat.

Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu cuci wajah dengan air dingin. Ulangi perawatan ini minimal selama 15 hari untuk hasil yang maksimal.

2. Penanganan keriput

Seiring bertambahnya usia munculnya garis halus atau keriput pada kulit adalah hal yang lumrah terjadi pada wanita.

Pada kondisi ini kulit membutuhkan vitamin E yang lebih untuk menutrisi dan terhindar dari penuaan dini. Dan kulit jeruk mampu menangani kondisi ini secara alami.

Cara terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut dengan penggunaan kulit jeruk yang ditambah madu lalu terapkan pada wajah Anda. Gunakan bubuk kulit jeruk yang sudah melewati proses pengeringan dan pengilingan lalu tambahkan dua sendok makan madu. Anda juga dapat menambahkan dua sendok makan oatmeal bubuk untuk hasil yang maksimal.

Oleskan ramuan tersebut pada wajah Anda dan biarkan selama setengah jam. Lalu bilas dengan air dingin dan ulangi sebanyak seminggu sekali untuk hasil terbaik.

3. Atasi ketombe

Kulit kepala berketombe dapat diatasi dengan cara kilat dengan pengunaan kulit jeruk. Sifat anti jamur, anti virus, anti bakteri dan anti inflamasi dalam kulit jeruk dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit kepala.

Giling beberapa kulit jeruk dengan daun kemangi, sebelumnya Anda perlu mengeringkan kedua bahan tersebut di bawah sinar matahari.

Setelah halus tambahkan dua sendok makan cuka putih dan campur dengan sedikit air. Setelah bahan mengental oleskan pada kulit kepala biarkan beberapa saat, lalu cuci dengan air dingin. Gunakan sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk singkirkan ketombe secepat kilat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini