Sukses

Lakukan Olahraga yang Sama Setiap Hari Hanya Merusak Diri Sendiri

Ada perbedaan kecil antara berdedikasi dan merusak diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga secara rutin dengan intensitas tinggi memang kunci untuk mendapatkan tubuh kuat. Namun, ada perbedaan kecil antara berdedikasi dan merusak diri sendiri.

Menurut Sains seperti yang dilansir dari stack.com, Sabtu (25/6/2016), dengan terus-menerus menyerang kelompok otot yang sama setiap hari tanpa istirahat, Anda menghancurkan jaringan otot tersebut sebelum mereka memiliki waktu untuk memperbaikinya.

“Contohnya ketika kita melakukan olahraga Bench Press setiap hari dengan intensitas yang tinggi. Sel-sel dalam tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki dirinya yang rusak," ujar Dan Hutchinson, seorang fisiologi dan pelatih untuk D2K Training.

Implikasi dari apa yang Hutchinson katakan, sebenarnya Anda telah menghabiskan waktu secara sia-sia dan mencegah diri Anda untuk mendapatkan kemajuan yang berarti.

“Setiap kali Anda melatih otot setiap hari, Anda telah membuat trauma mikro pada jaringan otot tersebut. Tubuh kemudian bekerja untuk memperbaiki dan membangunnya lagi. Proses ini memakan waktu paling cepat 24 jam sampai 72 jam, tergantung dengan intensitas yang Anda lakukan," ungkap Dr. Mike T. Nelson, fisiologi olahraga dan seorang anggta the the American College of Sports Medicine

Nelson menambahkan, "Jika Anda hanya melatih kelompok otot yang sama setiap hari, Anda telah menyebabkan kerusakan lebih banyak pada jaringan otot tersebut daripada sebelumnya. Jadi, walaupun Anda berolahraga dengan sangat keras setiap hari tetapi hanya fokus pada satu kelompok otot, Anda akan mendapatkan hasil yang terus berkurang.”

Sehingga penting sekali untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dari olahraga yang dilakukan setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini