Sukses

Pentingnya Minum Air Mengandung Mineral

Air yang sehat adalah air mineral, kita tidak boleh meminum air kosong

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari kita mungkin paham, dua per tiga tubuh kita berisi air. Jadi tentu minum air sangat penting bagi kita apalagi saat di bulan puasa.

Untuk menjaga asupan air dalam tubuh kita tercukupi, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik mengatakan penting sekali untuk meminum delapan gelas air putih sehari.

“Kita harus meminum delapan gelas dalam satu hari, itu juga merupakan keputusan Kemenkes. Kita juga bisa membagi delapan gelas itu dalam dua-empat-dua. Mungkin bagi sebagian orang, tidak dua-empat-dua. Di pagi harinya sebelum imsak, dia bisa saja minum sampai tiga gelas,” jelas dr Inge. 

Ia juga menjelaskan bahwa kriteria air putih yang baik untuk dikonsumsi adalah yang tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau.

Meminum banyak air putih saat sahur, pasti membuat kita sering buang air kecil. Namun menurutnya, hal itu tidak masalah karena minum air putih memang penting untuk tubuh. Akan bermasalah jika saat saat sahur kita meminum kopi atau teh.

“Meminum kopi atau teh malah membuat kita lebih banyak buang air kecil dan tubuh lebih cepat dehidrasi,” ujarnya.

Air putih berfungsi juga untuk menguras dan membersihkan organ dalam tubuh. Walaupun kita suka meminum cairan seperti susu, teh, kopi, atau minuman berasa lainnya, jangan sampai jumlah air putih yang kita konsumsi lebih sedikit dari minuman-minuman tersebut.

Di dalam air putih sudah tersusun berbagai mineral. Air putih yang mengandung mineral yang baik, biasanya diambil dari dalam tanah sedalam 100 m dan sudah terfiltrasi oleh batu-batuan bersih di dalam tanah. Air tersebut perlu difiltasi lagi untuk menghilangkan organisme atau parasit-parasit yang mungkin masih terkandung di dalamnya.

Salah satu air yang banyak sekali kandungan mineralnya menurut dr Inge adalah air zam-zam. “Air zam-zam itu kan dikatakan enak sekali rasanya dan memiliki efek penyembuh segala penyakit. Hal itu karena air zam-zam kaya sekali kandungan mineralnya. Jadi air yang sehat adalah air mineral, kita tidak boleh meminum air kosong,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini