Sukses

Pentingnya Memantau Jam Tidur Anak

Tidur sangat penting untuk kehidupan yang sehat, dan sangat penting untuk mendorong kebiasaan tidur yang sehat pada anak usia dini

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, American Academy of Sleep Medicine merilis rekomendasi konsensus resmi untuk jumlah tidur yang dibutuhkan bagi anak-anak dan remaja.

Berikut ringkasan berapa lama anak Anda seharusnya tidur agar mendapat kesehatan optimal sebagaimana yang sudah diresmikan oleh konsensus dilansir dari Sciencedaily.com, Selasa (21/6/2016):

- Bayi usia 4-12 bulan harus tidur 12 sampai 16 jam per 24 jam (termasuk tidur siang).

- Anak-anak usia 1-2 tahun harus tidur 11 sampai 14 jam per 24 jam (termasuk tidur siang).

- Anak-anak usia 3-5 tahun harus tidur 10 sampai 13 jam per 24 jam (termasuk tidur siang).

- Anak usia 6-12 tahun harus tidur sembilan sampai 12 jam per 24 jam.

- Remaja usia 13-18 tahun harus tidur delapan sampai 10 jam per 24 jam.

"Tidur sangat penting untuk kehidupan yang sehat, dan baiknya kita mendorong kebiasaan tidur yang sehat pada anak usia dini," kata Dr Shalini Paruthi dari American Academy of Sleep Medicine.

Panel Konsensus Pediatrik menemukan, tidur secara teratur dapat meningkatkan perhatian (fokus), perilaku, belajar, memori, regulasi emosional, kualitas hidup, dan kesehatan mental dan fisik.

Sebaliknya, kurang tidur meningkatkan risiko kecelakaan, cedera, hipertensi, obesitas, diabetes dan depresi yang dikaitkan dengan peningkatan risiko menyakiti diri, pikiran untuk bunuh diri, dan usaha bunuh diri.

Jadi, pantau terus kebiasaan tidur anak Anda agar tidak mengganggu kesehatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini