Sukses

Ini 5 Manfaat Spritual dari Berpuasa

Ada banyak manfaat baik diri sisi spritual yang bisa diperoleh umat Muslim saat menjalankan ibadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan yang istimewa ini umat Muslim sebulan penuh berpuasa menahan hawa nafsu. Berbagai pakar telah mengatakan manfaat puasa bagi kesehatan fisik terutama pada diabetesi dan pemilik sakit maag. Namun, sebagian besar umat Muslim juga merasakan kehidupan spritual mereka lebih baik.

Berikut beberapa manfaat puasa ditilik dari sisi spritual seperti dikutip laman Muslimah Healthy, Jumat (17/6/2016).

1. Makin bertakwa kepada Allah
Selama Ramadan, kita lebih menyadari kehadiran Allah dalam kehidupan kita dibandingkan bulan-bulan lain. Selama sebulan penuh umat Muslim diminta tak hanya menahan lapar dan haus tapi juga jauh dari dosa. Dengan berpuasa, membantu umat Muslim menjalankan ibadah dengan fokus.

2. Memperkuat hubungan dengan Allah
Selama bulan Ramadan umat muslim diminta untuk memperbanyak ibadah karena ganjarannya akan dilipatgandakan hingga 70 kali atau lebih. Sehingga pada saat Ramadan kaum muslimin dan muslimah bersemangat untuk mendapatkan hal tersebut dengan banyak beribadah. Mulai dari salat Tajajud, dzikir, taraweh, dan itikaf. Semua hal ini memperkuat hubungan manusia dengan Allah.

3. Menahan hawa nafsu
Tak hanya menahan nafsu makan dan minum saat puasa umat Muslim pun diminta untuk menahan amarah, fitnah, dan kata-kata kasar.

4. Melatih kesabaran
Ramadan juga dikenal sebagai bulan kesabaran karena pada selama 30 hari berlatih menahan hawa nafsu. Mulai dari sabar menahan lapar, haus, dan emosi negatif.

Dalam Islam kesabaran merupakan aspek paling penting. Setelah seseorang berhasil belajar sabar, maka ia akan lebih tenang menjalani kehidupan.

5. Membangun karakter dan perilaku yang lebih baik 
Selama Ramadan kita mengurangi perilaku dan kebiasaan buruk, diganti dengan kebiasaan baik. Hal ini mampu membangun karakter dan perilaku yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.