Sukses

Bahaya Terlalu Banyak Vitamin untuk Anak

Beberapa makanan yang dikonsumsi anak, mengandung terlalu banyak vitamin dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin sebenarnya sangat baik bagi pertumbuhan anak. Namun jika berlebihan justru menimbulkan dampak bahaya bagi si anak. 

Beberapa makanan yang dikonsumsi anak, mengandung terlalu banyak vitamin dan mineral dari yang dibutuhkan. Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG), vitamin dan mineral yang terlalu banyak bisa jadi berbahaya daripada bermanfaat bagi tubuh anak.

EWG adalah grup non profit yang memajukan kesehatan publik. EWG melakukan pengujian terhadap sereal sebanyak 1.556 dan snack bars sebanyak 1.025. Dari pengujian ini mereka menemukan jumlah besar dari vitamin A, Niasin, dan Zinc. serta dari produk yang diuji, ditemukan sebanyak 114 sereal tersebut mengandung lebih dari 30% dari tiga nutrisi yang direkomendasikan oleh the Food and Drug Administration (FDA).

Selain itu dari snack bars yang diuji, 27 buahnya mengandung lebih dari 50% jumlah vitamin A, niasin dan zinc yang telah dianjurkan.

Kegunaan dari vitamin A, Niasin, dan Zinc bagi tubuh sebenarnya paling baik saat masih fresh dan dalam makanan yang belum diproses. Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin-vitamin tersebut seperti yang dilansir dari TimeForKids, Jumat (17/6/2016):

1. Vitamin A berguna untuk membantu Anda melihat dalam gelap, vitamin ini terkandung dalam telur, daging, melon jingga (cantaloupe), wortel, dan bayam.

2. Niasin adalah vitamin yang membantu tubuh kita untuk memproduksi energi. Vitamin ini ditemukan dalam ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, serta dalam biji-bijian seperti gandum dan beras merah.

3. Zinc membantu tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin ini ditemukan dalam banyak makanan, termasuk produk makanan berbasis gandum, daging, dan kacang-kacangan.

Makanan anak yang terlalu banyak mengandung vitamin, nilai nutrisi yang tercantum merupakan komposisi orang dewasa sehingga lebih banyak vitamin dan mineral. Sehingga ketika anak-anak memakan produk makanan tersebut, mereka mendapatkan nutrisi melebihi dari yang dibutuhkan.

Anak-anak biasanya makan lebih dari seporsi sereal atau snack bar sehari, sehingga dengan memakan jumlah yang besar, dapat membahayakan kesehatan anak. Terlalu banyak vitamin yang masuk ke tubuh anak, juga dapat menyebabkan kerusakan hati, zinc dengan level yang tinggi. Sehingga dapat menganggu kekebalan alami tubuh atau mengganggu kekuatan tubuh untuk melawan infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini