Sukses

4 Cara Mudah Deteksi Orang Berbohong

Ada empat cara mudah deteksi apakah dia berbohong atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda bingung, apakah dia benar-benar jujur atau berbohong, dengarkan baik-baik penjelasannya. Karena ada empat cara mudah deteksi apakah dia berbohong atau tidak.

Seperti dikutip Mirror, Rabu (15/6/2016), sebuah penelitian menunjukkan kalau kita berbohong hingga 200 kali sehari. Jadi wajar bila sulit membedakan mana kebenaran dan kebohongan.

Beberapa orang dalam kasus serius mungkin perlu tes poligraf, tapi untuk hal ringan, sebenarnya ada empat indikator kebohongan yang mungkin bisa dijadikan acuan. Berikut ulasannya:

1. Orang ketiga

Seseorang yang berbohong akan mencoba untuk menjaga referensi dirinya. Tak sedikit akhirnya yang menggunakan orang ketiga. Misalnya, alih-alih "Aku tidak melakukannya," dia akan mengatakan, "Itu tidak terjadi, mungkin ada orang lain melakukannya."

2. Kata-kata negatif

Jika mereka menggunakan bahasa negatif, itu salah satu indikator pembohong. Karena ketika seseorang berbohong, secara tidak sadar mereka merasa buruk telah berbohong. 

3. Membuat sederhana

Pembohong akan sering menawarkan cerita sederhana, tanpa nuansa.

4. Terlalu kompleks

Agak membingungkan, tapi kalau masih dalam satu alur cerita biasanya dia jujur. Sebaliknya, jika dia terus bercerita terlalu kompleks di luar konteks masalah, mungkin itu pertanda dia berbohong.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini