Sukses

Alasan 21 Juni Jadi Hari Yoga Internasional

Setiap tanggal 21 Juni, seluruh dunia memperingati International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 21 Juni, seluruh dunia memperingati International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional. Bukan main-main, Perserikatan Bangsa-bangsa sendiri yang mendeklarasikan tanggal ini sebagai Hari Yoga Internasional.

Deklarasi ini diumumkan saat Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan pidato di depan Majelis Umum PBB pada 27 September 2014. "Yoga adalah karunia berharga dari tradisi India kuno. Sebagai perwujudan kesatuan mental dan fisik, pikiran dan tindakan, pengendalian dan pencapaian, keharmonisan antara manusia dengan alam semesta, dengan pendekatan holistik kepada kesehatan dan kesejahteraan. Yoga bukanlah hanya melulu mengenai latihan fisik, tetapi juga mengenai kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam semesta,"ujar Modi.

Modi menyebutkan, tanggal 21 Juni dipilih sebagai Hari Yoga Internasional, karena pada hari itu saat matahari berada di ujung utara sebagai awal dari musim panas.

"Hari tersebut merupakan hari terpanjang sepanjang tahun di belahan bumi utara dan juga mengandung makna khusus di banyak bagian dunia lainnya,"ujar Modi.

IDY bakal dihelat di Indonesia oleh Kedutaan Besar India di Indonesia di lima kota. Diawali dengan Jakarta pada 18 Juni mendatang, kegiatan yoga bakal digelar di Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta.

Anda yang ingin ikut yoga bersama silakan datang langsung dan rasakan pengalaman yoga sesungguhnya. Para Yoga Master dari India seperti Misalnya Guru Arun Yvile dan guru-guru Yoga Indonesia akan membimbing Anda.

Kegiatan akan berlangsung pada pukul 06.00 WIB. Yang datang lebih awal akan mendapatkan matras yoga dan t-shirt. Datang dan daftar di tempat, ramaikan acara Hari Yoga Internasional, cukup membawa KTP/SIM yang masih berlaku. 

Di tempat lain, yoga akan berlangsung seperti jadwal berikut ini

19 Juni 2016, Denpasar
Mulai: 06.00 WITA
Lokasi: Lapangan Puputan Margarana, Jalan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali.

Surabaya
Mulai: 05.30 WIB
Lokasi: Brawijaya Driving Range, Jalan Hayam Wuruk, Indian Restaurant, Surabaya, Jawa Timur.

26 Juni 2016, Medan

Mulai: 06.00 WIB
Lokasi: Football Ground, Komplek Taman Setia Budi Indah, Medan, Sumatera Utara.

Yogyakarta
Mulai: 16.00 WIB
Lokasi: Candi Prambanan, Yogyakarta.

 

Keterangan lebih lanjut, kunjungi website www.indianembassyjakarta.com atau www.facebook.com/indiainindonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.